Beda Puasa Ramadan, Ustaz Felix: Jangan Saling Menghujat

Beda Puasa Ramadan, Ustaz Felix: Jangan Saling Menghujat

Ustaz Felix Siauw--Instagram /@Felixsiauw/ tangkapan layar

JAKARTA, FIN.CO.ID- Ustaz Felix Siauw memberikan pandanganya mengenai perbedaan 1 Ramadan melalui akun Instagram pribadinya.

Ustaz Felix mengatakan, perbedaan 1 Ramadan tidak harus dijadikan permasalahan atau perselisian. Ia meminta untuk semua pihak santai dan tidak menghujat yang sudah berpuasa hari ini maupun kemarin.

"Beda puasa Ramadan? Sans(santai) saja! Penting mengetahui kenapa bisa beda puasa,bagaimana ceritanya bisa beda,ketimbang cuman tahu perbedaan saja," tulis ustad Felix dikutip dari @Felixsiauw pada minggu.3 April 2022.

(BACA JUGA:Mengaku Tidak Pernah Salat Tarawih Sampai 30 Hari, Gus Baha: Jangan Ditiru)

(BACA JUGA:Luhut Bicara BBM Bakal Naik Lagi, Politikus PKS: Pernyataannya Membuat Resah dan Meneror Masyarakat)

Ustaz Felix meneruskan, perbedaan pendapat itu adalah iktilaf. Kalaupun memili pendapat kita tahu alasanya.

"Ikhtilaf (adalah) perbedaan yang ada dalilnya itu cuma menghasilkan yang baik atau lebih baik. Benar dapat 2 pahala, enggak tepat dapat 1 pahala. Enggak ada yang dosa," Jelasnya.

"Artinya memahami iktilaf itu jadikan kita bijak. kalau kita malah berselisih dan ribut pahala belum tentu dapat, dosa sudah pasti." ungkapnya.

 Lanjutnya, ketika ada perbedaan dan perbedaan itu sama sama berdasarkan dalil maka Rasullah sama sama meridai mereka semuanya.

“Ikhtilaf perkara yang pasti dalam Islam, pertanyaannya apa perbedaan yang boleh, dan perbedaan yang tidak boleh. Perbedaan boleh ketika dihasilkan oleh para ulama yang berkompetensi, orang yang memang berhak memmutuskan hukum, imam-imam yang cukup ilmu,” ucapnya.

Dan, ketika sudah diputuskan oleh orang yang berhak, maka yang menjalankan tidak akan mendapat dosa ketika memilih salah satunya.

"Semua sepakat dengan menggunakan hilal (penetapan 1 Ramadan). Artinya semua boleh,jangan saling menghujat," Ungkap Ustaz Felix Siauw

Sumber: