Mengaku Tidak Pernah Salat Tarawih Sampai 30 Hari, Gus Baha: Jangan Ditiru

Mengaku Tidak Pernah Salat Tarawih  Sampai 30 Hari, Gus Baha: Jangan Ditiru

Gus Bahaudin Nursalim--Instagram @hijrahloverz

JAKARTA, FIN.CO.ID- Seorang ulama ternama Gus Bahaudin Nursalim atau disapa Gus Baha membuat pengakuan bahwa dirinya tidak pernah melakukan salat tarawih genap 30 hari selama di bulan ramadan.

Pengakuan Gus Baha yang tidak pernah melakukan salat tarawih tersebut terekam  sebuah video yang tersebar melalui akun Youtube Kalam Kajian Islam yang berjudul "Gus Baha; Saya Tidak Pernah Salat Tarawih 30 Hari Full

"Saya selama ini belum pernah tarawih ramadan 30 genap sampai sekarang," ucap gus baha dikutip dari Youtube Kalam Kajian Islam pada Sabtu, 2 April 2022.

(BACA JUGA:Buah Kurma Disebut 22 Kali Dalam Al-Qur-an, Berikut Ini Keistimewaannya untuk Kesehatan)

(BACA JUGA:Masjid Istiqlal Gelar Tarawih, Jemaah Wajib Prokes, Salatnya 23 Rakaat)

Gus Baha meneruskan, bahwa ia jarang melakukan salat tarawih. walaupun demikian, ia pun mengajurkan kepada jamaahnya untuk tidak meniru keputusanya. Jika ada yang berusahan meniru perbuatanya , orang tersebut akan menyesal, lantaran bulan ramadan hanya terjadi satu tahun sekali.

"Kalau ada yang berusahan menirunya, orang tersebut akan menyesal lanataran bulan ramadan hanya terjadi satu tahun sekali." ungkapnya.

 Ulama yang berusia 51 tahun tersebut mengajurkan jika terlewat untuk melakukan qadha salat tarawih secara sendiri.

(BACA JUGA:Sunan Kalijaga Berdakwah dengan Wayang, Gus Baha: Dia Mantan Preman Jadi Wali, Tidak Tahu Hukum Islam)

Gus Bahaudin Nursalim meneruskan, bahwa posisinya sebagai ulama untuk mengemban banyak umat islam.

"sebagaimana satpam yang harus bekerja berjaga maupun penjual bakso atau tugas kernet berhalang menjalankan salat tarawih. dan banyak umat islam yang ingin tarawih tapi tidak bisa."ucap Gus Baha.

 

Lanjutnya , mengingat kondisi umat tersebut , ulama tidak mewajibkan tarawih.Sebagaimana cara Nabi Muhammad yang melakukan salat tarawih berjamaah hanya sampai hari keenam lalu dilakukan sendirian dirumah.

"itu sirriynya kenapa Nabi hanya tarawih  hari keenam semenjak itu tidak tarawih,salat di rumah,"katanya 

Sumber: