Viral, Video SBY Naikan Harga BBM Malah Ditolak DPR Begini Penjelasanya

Viral, Video SBY Naikan Harga BBM Malah Ditolak DPR Begini Penjelasanya

Susilo Bambang Yudhoyono--Antara

JAKARTA, FIN.CO.ID-  Susilo Bambang Yudhoyono atau disapa SBY memberikan alasan untuk menaikan harga BBM pada masa jabatanya sebagai Presiden.

Kembalinya video viral tersebut, mengukapkan SBY pernah mengusulkan untuk menaikan harga BBM tapi usulan tersebut ditolak oleh kalangan DPR dan sejumlah fraksi ikut menolak.

"Dulu,setiap pemerintah mengusulkan kenaikan harga BBM selalu ditolak oleh kalangan DPR. sejulah fraksi bahkan sejak awal tidak pernah setuju kalau saya menaikan harga BBM," ucap SBY dalam video kutipan dari akun Instagram @zonafaktaterkini Sabtu,2 April 2022.

SBY meneruskan, alasan DPR dan sejumlah fraksi menolak dikhawatirkan jika naik harga BBM, inflasi akan meningkat dan kemiskinan akan meluas.

"Alasanya, kami menolak usulan pemerintah karena kalau  harga BBM naik, inflasi naik, kemiskinan membengkak," ucap SBY.

(BACA JUGA: Waspadai Kelangkaan BBM Pertalite)

(BACA JUGA:Baru Ngisi BBM, Pria Tewas di Depan SPBU, Ada Luka di Bagian Leher)

Lanjutnya, kalau setelahnya pemerintah malah dipaksa untuk menaikan harga BBM. Menurutnya, justru memberatkan rakyat.

"Nah,Justru sekarang kenapa kami dipaksa untuk menakan harga BBM.Tidak kah membebani rakyat? Tidak kah menaikan kemiskian? ucapnya.

SBY mengukapkan pandangan yag berbeda terkait usulan yang diberikan untuk menaikan harga BBM. Ia memetingkan kondisi rakyat yang akan semakin terbebani jika BBM dinaikan.

"Oleh karena itu, saya punya pandangan berbeda. kalau harus dinaikan lagi BBM tahun ini beban rakyat terlalu berat kasihan mereka." jelasnya.

Pada masa pemerintahan SBY kenaikan harga BBM jenis premium awalnya dihargai Rp1.820per liter. kemudian mengalami kenaikan pada 1 maret 2005, sebesar Rp2.400, dan pada 2 october 2005 harga menaik menjadi Rp4.500 liter.

Sekarang, dimulai pada Jumat, 1 April 2022 PT pertamina sudah mengumumkan untuk menaikan harga BBM jenis Pertamax yang naik menjadi Rp 12.500 liter 

PT Pertamina (Persero) akhirnya mengumumkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: