Kembali Lakukan CVC, Bea Cukai Dampingi Kinerja Industri Dalam Negeri

Kembali Lakukan CVC, Bea Cukai Dampingi Kinerja Industri Dalam Negeri

Petugas Bea Cukai melakukan pendampingan terhadap industri dalam negeri-dok-bea cukai

JAKARTA, FIN.CO.ID - Menghadapi tantangan pandemi Covid-19, Bea Cukai terus berupaya mengoptimalkan pelayanan di bidang kepabeanan dan cukai. 

Mewujudkan hal itu, Bea Cukai kembali gelar Customs Visit Customer (CVC) yang dilaksanakan di Bandung, Jakarta,  Morawa, dan Tanjung Selor.

Hatta Wardhana, Kasubdit Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, mengungkapkan bahwa untuk meningkatkan kepatuhan pengguna jasa, Bea Cukai melakukan kunjungan kerja pada perusahaan dalam agenda Customs Visit Customer. 

(BACA JUGA:Perbaiki Kualitas, Ini Deretan Penghargaan yang Disabet Bea Cukai)

“Selain menilai kepatuhan pengguna jasa, kunjungan ini untuk mendengar langsung kendala-kendala yang dihadapi pengusaha di lapangan,” katanya, Jumat, 25 Maret 2022.

Di Bandung, Bea Cukai Bandung berkunjung ke PT Grand Textile Industry, salah satu perusahaan pengguna fasilitas kawasan berikat, Rabu, 16 Maret 2022. Industri tekstil termasuk salah satu industri yang terdampak akibat pandemi Covid-19. 

Pada tahun 2020, industri tekstil sempat mengalami pertumbuhan negatif sebanyak 8,8 persen. Melalui asistensi yang dilakukan Bea Cukai, diharapkan perekonomian dapat tumbuh positif melalui peningkatan kinerja ekspor.

(BACA JUGA:Bea Cukai Bantu Fasilitasi Ekspor Produk Dalam Negeri dari Tual dan Yogyakarta)

Sementara itu, di Tanjung Morawa, Bea Cukai Belawan berkunjung ke PT Indojaya Agrinusa, salah satu perusahaan Mitra Utama Kepabeanan, Selasa, 22 Maret 2022. PT Indojaya Agrinusa merupakan bagian dari PT Japfa Comfeed Indonesia yaitu perusahaan agrifood di bidang penghasil protein hewani. 

Sebelumnya, Bea Cukai melalui Bea Cukai Tarakan juga melaksanakan kunjungan kerja ke salah satu perusahaan yang bergerak di bidang Pembangkit Listrik Tenaga Uap Gas (PLTUG) dan Coal Upgrading (Semi Coke), PT Megah Energi Khatulistiwa, Rabu, 16 Maret 2022.

Di Jakarta, Bea Cukai Marunda berkesempatan mengunjungi PT Sari Dumai Oleo, perusahaan yang bergerak pada olahan sawit, Rabu, 9 Maret 2022. Produk olahan sawit merupakan produk ekspor menjanjikan yang dapat menopang perekonomian Indonesia. 

Dalam sehari, PT Sari Dumai Oleo mampu memproduksi sebanyak 300 ton produk per hari. Banyaknya hasil produksi maka diharapkan profit yang dihasilkan juga sama banyaknya.

“Dalam kegiatan CVC, Bea Cukai melihat langsung proses bisnis di lapangan. Melalui peninjauan ini, kami berharap kepatuhan perusahaan dapat meningkat dan kendala perusahaan di lapangan dapat teratasi melalui bantuan dari Bea Cukai,” pungkas Hatta.(rls/nrm)

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: