Terios 7 Wonders 2022: Eksplorasi Keindahan Danau Air Asin Weekuri

Terios 7 Wonders 2022: Eksplorasi Keindahan Danau Air Asin Weekuri

Terios 7-Istimewa-

SUMBA, FIN.CO.ID- Daihatsu memulai petualangan Terios 7 Wonders tahun 2022 di Sumba, Nusa Tenggara Timur melalui tema BEAUTIFUL SUMBA EXPLORATION, pada 24 – 27 Maret 2022 dengan rute total sekitar 300 KM. 

Pada petualangan Terios 7 Wonders kali ini, tim ekspedisi akan menggunakan 5 unit Terios untuk menjelajahi 7 destinasi atau wonders yang dibagi menjadi 3 hari perjalanan, mulai dari Danau Weekuri; Desa Adat Prai Ijing; Desa Adat Prailiu; Bukit Tenau; Pantai Puru Kambera; Air Terjun Tanggedu; dan Savana Tanggedu.


Nampak dari batas deretan Terios 7-Istimewa-

Pada hari pertama, 24 Maret 2022, tim ekspedisi Terios 7 Wonders langsung menuju Sumba Barat, Tambolaka untuk mengunjungi Wonders 1, yakni Danau Weekuri. Danau Weekuri merupakan danau air asin yang terletak di Desa Kalena Rongo, berjarak sekitar 60 KM dari Tambolaka, dan merupakan ibu kota kabupaten Sumba Barat Daya. 

Akses yang dilalui pun cukup menantang dengan kondisi jalan menuju ke lokasi danau yang bervariatif, beberapa titik sudah beraspal halus namun ada sebagian titik yang masih berbatu dan masih dalam proses pengerasan tanah. Pada suatu titik di tengah perjalanan menuju Weekuri, di kiri jalan kami akan melihat sebuah resort milik warga negara Perancis yang mengeola Pantai Mandorak, salah satu pantai di wilayah Kodi. 


Deretan mobil Terios 7-Istimewa-

Melansir dari Wikipedia, nama Weekuri berasal dari bahasa Sumba, Wee yang berarti air, dan Kuri berarti parutan atau percikan. Danau Weekuri dipercaya terbentuk dari air laut yang terpercik melalui karang sehingga menembus ke daratan. Danau ini dikelilingi oleh batu karang yang memisahkannya dengan laut. Mitos setempat menyebutkan bahwa Weekuri konon dahulu merupakan nama sebuah perkampungan yang tenggelam akibat meluapnya air laut. 


Danau Wekurii-Istimewa-

Danau Weekuri memiliki bentuk lonjong dengan panjang sekitar 150 meter dan lebar terjauh 50 meter. Kedalaman danau berkisar 30 cm hingga 2,5 meter saat surut namun dapat mencapai lima meter saat laut pasang. Selain dapat menikmati keindahan Danau Weekuri dengan bermain air ataupun berenang, pengunjung juga dapat menikmati dan menjelajahi keindahannya dari ketinggian.

Selesai mengunjungi destinasi Wonders 1, tim ekspedisi melanjutkan perjalanannya kembali menuju Tambolaka untuk beristirahat, dan bersiap melanjutkan perjalanan menuju destinasi Wonders berikutnya.

Sumber: