Kementerian PUPR Mulai Garap Infrastruktur Dasar di IKN Nusantara

Kementerian PUPR Mulai Garap Infrastruktur Dasar di IKN Nusantara

Ilustrasi IKN Nusantara di Penajem Paser Utara-dok fin.co.id-dok fin.co.id

BOGOR, FIN.CO.ID- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan siap mendukung pembangunan ibu kota negara (IKN) Nusantara baru di Kalimantan Timur. 

Beberapa infrastruktur inti dan strategis akan dikerjakan saat sudah mendapat lampu hijau dari Kementerian Keuangan, kaitannya dengan ketersediaan anggaran.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, Mohammad Zainal Fatah, dalam agenda Media Gathering Forwapu di Bogor, Rabu 23 Maret 2022. 

(BACA JUGA:Brantas Abipraya Berkontribusi Bangun Tol dengan Terowongan Kembar Pertama di Indonesia)

Menurut Zainal, pihaknya saat ini sedang mengajukan anggaran kepada Kementerian Keuangan (Kemenkeu) senilai Rp46 triliun.

Namun untuk kepastian berapa anggaran yang bakal dipercayakan kepada Kementerian PUPR hingga saat ini belum final.

"Kita sudah melakukan pembahasan dengan teman-teman di Kementerian Keuangan. Saat ini sedang berproses. Kami juga menghitung ada adjustment (penyesuaian) kita lakukan sejak awal dan alhamdulillah teman-temen di keuangan sangat support," ujar Zainal. 

Beberapa infrastruktur inti yang nantinya akan dikerjakan oleh Kementerian PUPR diantaranya adalah jalan, sarana prasarana perairan, jembatan, gedung-gedung pemerintah dan lainnya. 

(BACA JUGA:Flamboyan Sejati, Vicky Prasetyo 'Gebet' Maria Ozawa)

Dalam proses pembangunannya dipastikan akan dikedepankan aspek keberlanjutan. Sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu menyatakan bahwa infrastruktur di IKN harus berbeda.

Zainal menyatakan desain awal pembangunan infrastruktur IKN nantinya akan dikedepankan dengan konsep smart city. 

Untuk itu pemerintah bakal menggandeng Korea Selatan (Korsel) untuk memastikan grand design smart city nantinya benar-benar terwujud di dalam IKN Nusantara tersebut.

(BACA JUGA:Roy Suryo Dituding Rasis, Ngeledek Pawang Hujan dengan Ilustrasi Monyet, Netizen Geram: Hapus Gelar Ningratmu)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: