Pantau Ketersediaan Komoditas Pangan, Wamentan Sidak ke Pasar Agung Depok

Pantau Ketersediaan Komoditas Pangan, Wamentan Sidak ke Pasar Agung Depok

Wamentan Harvick Hasnul Qolbi sidak ke pasar Agung di Depok. Wamentan berdialog dengan pedagang pasar untuk mengetahui kondisi harga serta problem yang dihadapi para pedagang di lapangan-Istimewa-

JAKARTA, FIN.CO.ID – Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) RI, Harvick Hasnul Qolbi melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Pasar Agung Kota Depok, Jawa Barat, Rabu, 16 Maret 2022.

Sidak itu dilakukan dalam rangka memastikan ketersediaan komoditas pangan menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H.

Selain itu, Wamentan Harvick juga ingin memastikan harga pangan jelang puasa tetap stabil. 

Wamentan Harvick berdialog dengan para pedagang, seperti pedagang beras, bawang, tempe, hingga pedagang daging.

(BACA JUGA:Bersama Mendag, NFA Pantau Ketersediaan dan Harga Sejumlah Komoditas Pangan di Pasar Tradisional)

“Pemerintah terus bekerja agar kebutuhan pangan masyarakat bisa terpenuhi. Kami juga berharap sekali daya beli masyarakat meningkat. Karena kita tahu, tidak hanya di Indonesia harga bahan kebutuhan pokok di beberapa negara juga cukup tinggi. Untuk itu, kami memberikan arahan kepada pemerintah daerah untuk terus meningkatkan pendapatan per kapita masyarakat,” kata Harvick kepada wartawan, dikutip Kamis 17 Maret 2022. 

Adapun dari hasil sidak pasar kali ini, didapati daya beli masyarakat di Pasar Agung Kota Depok mengalami sedikit penurunan. 

Kendati demikian, ketersediaan komoditas pangan terpantau relatif aman dan tidak ada kelangkaan pada komoditas pangan.

(BACA JUGA:Jurus Badan Pangan Nasional Jaga Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan)

Oleh sebab itu, Wamentan Harvick pun meminta kepada Pemerintah Kota Depok untuk tetap menjaga agar distribusi pasokan pangan terpenuhi.

“Saya juga tadi mengimbau kepada pengelola pasar agar terus melakukan sinergi dan komunikasi dengan para pedagang. Ini tadi saya tadi ke beberapa pedagang daya beli masyarakatnya sedikit agak terganggu. Tetapi pasokannya juga tidak terlalu mengkhawatirkan. InsyaAllah ini bisa terus berjalan sehingga bulan Ramadhan nanti bisa terjaga,” ucapnya.

Wamentan Harvick mengatakan, sidak pasar ini akan terus dilakukan terutama di Jabodetabek. 

(BACA JUGA:Pantau Stabilitas Pangan, Wamentan Harvick 'Blusukan' ke Pasar Bekasi)

Hal ini sesuai dengan perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta kabinetnya untuk menjaga stabilitas pasokan di sejumlah wilayah penyangga Ibu Kota Jakarta.

Sumber: