Bahaya Tidur Tengkurap

Bahaya Tidur Tengkurap

Bahaya Tidur Tengkurap, Image Pixabay dari Pexels--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Tidur adalah salah satu aktifitas yang dibutuhkan manusia, untuk mengembalikan energi yang habis terpakai, usai seharian beraktifitas.
Salah satu posisi yang umum disukai orang saat tidur, adalah tidur dengan cara tengkurap.

Namun tahukah Anda, tidak semua orang disarankan untuk tidur dengan posisi tengkurap, khususnya mereka dengan masalah punggung.

(BACA JUGA:Harus Tau! Ini Risiko Kesehatan 16 Bulan Setelah Kena COVID)

Menurut ahli, tidur dengan cara tengkurap, dapat  menyebabkan ketidaknyamanan pada mereka yang menderita sakit punggung kronis.

Mengapa demikian, karena menurut ahli, via Men's Health, tidur tengkurap dapat menyebabkan peranggangan pada bagian bawah dari tulang belakang.

Ketika hal itu terjadi, mereka dengan masalah punggung kronis, hanya akan memperburuk kondisinya.

Namun jika memang ingin tidur tengkurap, dan penderita sakit punggung kronis dapat mensiasatinya dengan bantuan bantal.

Dengan menempatkan bantal di bawah perut, Anda dapat terhindar dari masalah yang disebut di atas.

Sementara bagi mereka yang punya masalah punggung kronis, namun ingin tidur dengan punggung di bawah, disarankan untuk meletakan bantal kecil atau gulungan handuk di bawah kedua lutut Anda.

Dengan cara ini, lekukan alami punggung bagian bawah Anda tetap terjaga.

Tidur Berkualitas dengan Bantal

Bicara tidur berkualitas, ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Salah satunya adalah bantal yang menopang kepala Anda di saat tidur.  

Namun yang menjadi pertanyaannya, seberapa seringkah Anda mencuci bantal kepala berserta dengan sarungnya? Adakah masalah kesehatan yang perlu dikhawatirkan dari penggunaan bantal, yang digunakan terus menerus tanpa dicuci?  

Well menurut ahli, mencuci sarung bantal berfungsi untuk menyingkirkan sel kulit mati, minyak dan keringat yang diproduksi oleh tubuh.  

Namun tidur menggunakan bantal yang kotor, berisiko mengundang tungau debu, yang biasa bertanggung pjawab atas reaksi alergi, juga gatal-gatal.  

Alasan lain mengapa Anda harus rutin mencuci bantal dan sarungnya, adalah untuk mendukung tidur berkualitas Anda.  

“Tidur dengan bantal yang bersih itu dapat membantu Anda lebih mudah untuk tertidur,” kata dokter spesial kepala dan leher, Nelman Low, MD, seperti dikutip FIN dari Health.  

Malas menuci bantal dan sarungnya? Anda mungkin ingin berpikir dua kali setelah ini,


Sumber: