Roy Suryo Sentil Jokowi yang Gelar Ritual Kendi: Saya Tidak Melihat Ada Doa Bersama di IKN

Roy Suryo Sentil Jokowi yang Gelar Ritual Kendi: Saya Tidak Melihat Ada Doa Bersama di IKN

Pakar Telematika dan Mantan Menpora Roy Suryo -Istimewa-Istimewa

JAKARTA, FIN.CO.ID- Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo menyentil Presiden Joko Widodo yang menggelar ritual Kendi Nusantara di Ibu Kota Negara (IKN) di Titik Nol IKN di Kalimantan Timur pada Seni 14 Maret 2022.

Roy Suryo heran, hingga saat ini dia belum bahkan tidak melihat adanya gelar doa bersama oleh Jokowi di IKN. 

"Kemarin saya mentwit soal 'tradisi ritual' bukan berarti kita Mengesampingkan memohon kepada Tuhan YME, Allah SWT, lho. Saya kok belum (= tidak?) melihat Foto-foto dokumentasi doa bersama dari 6 agama resmi di Indonesia kemarin di IKN, ya? Ada?," sindir Roy Suryo melalui Twitter, Selasa 15 Maret 2022.

(BACA JUGA:Benny Harman Sindir Jokowi Gelar Ritual Primitif di IKN, Budiman Singgung Mistis di Gereja Katolik)

Mantan kader Partai Demokrat ini sebelumnya mengungkit mobil Esemka yang pernah dilakukan ritual khusus oleh Presiden Jokowi waktu masih menjabat Wali Kota Solo. 

Saat itu, Jokowi menyiramkan air yang telah dicampur kembang ke mobil Esemka berwarna hitam. 

Foto momen ritual mobil Esemka itu ikut diunggah oleh Roy Suryo di Twitter-nya beberapa waktu lalu. 

"Melakukan tradisi ritual di era Society 5.0 atau Metaverse sebagai Penghormatan Akar Budaya Adiluhung Nusantara sih boleh-boleh saja," kata Roy dalam cuitan pada akun Twitternya Senin 14 Maret 2022.

(BACA JUGA:Ritual Kendi Nusantara Disebut Syirik, Prof Henri: Niatnya adalah Doa)

"Namun harus dilandasi Niat Tulus, Kejujuran, Usaha Keras dan Jangan lupa tetap Berdoa kepada Tuhan YME, Allah SWT, agar tidak berujung seperti ESEMKA ...AMBYAR," sambung Roy dalam cuitannya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menggelar ritual bernama ritual kendi Nusantara di Titik Nol IKN Nusantara di Kalimantan Timur. 

Seluruh Gubernur se-Indonesia diperintahkan membawa tanah dan air dari daerah masing-masing kemudian disatukan oleh Jokowi dalam sebuah wadah. 

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono mengatakan ritual Kendi Nusantara merupakan murni ide Jokowi yang terinspirasi dari lagu Kebangsaan Indonesia Raya. 

Dalam acara tersebut, Jokowi mencampurkan tanah dan air dari 34 provinsi di Indonesia.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: