Putin Tidak Libatkan Warganya Untuk Berperang, Netizen: Beda Kelas Sama Presiden Komedian

Putin Tidak Libatkan Warganya Untuk Berperang, Netizen: Beda Kelas Sama Presiden Komedian

Beda sikap Vladimir Putin dengan Volodymyr Zelensky soal keterlibatan warga sipil dalam perang-Viki_B-Pixabay

JAKARTA, FIN.CO.ID - Presiden Rusia Vladimir Putin menegaskan bahwa ia tidak memperkenankan warganya ikut berperang dalam "operasi khusus" terhadap Ukraina. 

Ditegaskan Putin, Ia hanya melibatkan tentara profesional dan pasukan khusus untuk terlibat dalam misi terhadap Ukraina tersebut. 

"Saya tegaskan bahwa anggota tentara yang sedang wajib militer tidak akan terlibat dalam operasi tempur. Juga tidak akan ada mobilisasi tambahan cadangan. Operasi militer hanya akan dilaksanakan tentara profesional," tegas Putin, dikutip dari CNBC, Senin 14 Maret 2022. 

(BACA JUGA:Putin ke Amerika: Jika Tak Bisa Anggap Rusia Sahabat atau Sekutu, Mengapa AS Anggap Kami Musuh?)

Hal itu berbeda dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky yang justru meminta seluruh rakyatnya untuk ikut angkat senjata, mempertahankan Ukraina dari serangan Rusia. 

""Siapa yang bisa menghentikan perang? Rakyat. Orang-orang ini saya yakin ada di antara kalian. Saya yakin," ujar Zelensky, sebagaimana dilansir Associated Press.

Perbedaan sikap antara dua pemimpin negara tersebut menuai komentar dari para netizen, termasuk dari Indonesia. 

(BACA JUGA:Rasisme Jurnalis Media Barat Jadi Sorotan, Netizen: Kasih Paham Om Putin! Uraaaa)

Dikutip dari akun instagram @underc0ver.id yang secara khusus sedang membahas masalah tersebut, komentar para netizen pun menyita perhatian. Rata-rata netizen membela sikap Putin yang dianggap sangat bijaksana.

"Beda kelas antara mantan kgb dan mantan pelawak," celetuk pemilik akun teguharifiana.

Ada pula netizen yang membela sikap Putin yang menginvasi Rusia karena hal itu dilakukan sejatinya untuk melindungi rakyat Rusia dari invasi barat melalui NATO. 

(BACA JUGA:Amerika Warning China Jika Bantu Rusia, China: Saya Belum Pernah Dengar Hal Itu)

"Btw untuk apa rusia mengirim warganya ikut invasi ? Kalo untuk mempertahankan negara mungkin boleh ikut, lha disini rusia sebagai aggressor ngapain juga nyuruh warganya ikut," tulis pemilik akun risky_wahyu_2.

"Kelihatan kecerdasan beliau mr putin, gak cuma logika aja tapi juga mementingkan manusia, biar militer professional yang berperang," ujar pemilik akun jen_edry.  

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by UNDERC0VER.ID [UPDATE ] (@underc0ver.id)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: instagram @underc0ver.id