Bahaya Pake Ear Buds Kelamaan, dari Nyeri hingga Keluar Cairan

Bahaya Pake Ear Buds Kelamaan, dari Nyeri hingga Keluar Cairan

Bahaya Pake Ear Buds Kelamaan, Image oleh StockSnap dari Pixabay--

JAKARTA - Penggunaan ear buds untuk mendengarkan musik bukanlah hal baru. Namun yang tidak disadari orang banyak, adalah bahaya yang disebabkan penggunaannya.

Menurut ahli, menggunakan ear buds kelamaan dapat meningkatkan risiko orang terkena infeksi telinga.

Ciri-ciri mereka yang kena infeksi telinga menurut ahli, adalah seperti rasa nyeri, sulit mendengar, dan merasa ada tekanan di dalam telinga.

(BACA JUGA:Usai Kena Stroke, Lidah Pria Ini Menghitam dan Tumbuh Rambut)

Menurut pakar THT, Dr. Elias Michaelides, tidak hanya mengeluhkan rasa sakit, namun pada kasus tertentu, cairan keluar dari telinga adalah beberapa keluhan pasien yang kerap ia temui.

Dari banyak kasus, pasien-pasien Dr. Elias Michaelides memiliki satu kesamaan, yaitu kebiasaan menggunakan ear buds dkelamaan.

Selain infeksi telinga, eksim adalah salah satu kondisi kulit yang disebabkan oleh kebiasan orang menggunakan ear buds dalam waktu lama.

Menurut Dr. Michaelides, pada kasus infeksi telinga, hal in disebabkan oleh penumpukan ear wax dan kotoran, ditambah dengan telinga yang lembab akibat penggunaan ear buds.

Agar Terhindari dari Infeksi Telinga

"Saya menganjurkan orang (yang gemar menggunakan ear buds berlama-lama), untuk melepas ear buds selama lima menit setiap jamnya," katanya seperti dikutip FIN dari The Sun.

Dengan begitu lanjut dia, bagian dalam telinga akan terekspos pada udara. Dengan demikian, rasa nyeri atau iritasi dapat terhindarkan.

Ada pun ciri-ciri lain orang yang mengalami infeksi telinga, adalah seperti demam tinggi, kurang bertenaga, hingga gatal-gatal di bagian dalam atau luar telinga.

Pada anak-anak, infeksi telinga dapat dikenali dengan kebiasaan mereka menggaruk telinga, tidak bereaksi terhadap suara, mudah marah, hilang napsu makan dan bermasalah dengan keseimbangan pada tubuhnya.

Jenis Earwax yang Perlu Anda Ketahui

Menurut ahli, setiap orang memiliki jenis earwax yang berbeda-beda. Berikut penjelasannya menurut pakar THT, Brett Comer dari University of Kentucky, via Prevention:

1. Earwax berair dan agak kehijauan
2. Earwax lengket atau kering
3. Earwax yang bau menyengat
4. Earwax cair

Apa arti dari jenis-jenis earwax ini akan dibahas FIN pada artiket berikutnya.

Sumber: