Pasukan Rusia Semakin Dekat dengan Kyiv

Pasukan Rusia Semakin Dekat dengan Kyiv

Ibu Kota Ukraina, Kyiv, Image oleh Zephyrka dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Pasukan Rusia semakin dekat dengan Kyiv (Kiev) dalam 24 jam terakhir, demikian menurut info Kementerian Pertahanan AS dalam sebuah pernyataan. Demikian seperti dilansir BBC.

Sementara itu menurut Komite Internasional Palang Merah mengingatkan akan kelangkaan pasokan makanan dan minuman di kota Mariupol.

Sejauh ini, perundingan damai antara Menteri Luar Negeri Ukraina dan Rusia, yang mengambil tempat di Turki, tidak membuahkan hasil menindaklanjut kesepakatan gencatan senjata.

(BACA JUGA:Kemlu: 9 WNI di Ukraina Masih Berada di Lokasi Perang)

Di Rusia, Pemerintah Inggris menjatuhkan sanksi terhadap pemilik Chelsea, Roman Abramovich, dan The Blues kini masih berjalan dengan ijin khusus.

Terkait serangan udara yang dilancarkan Rusia kemarin (10/3), tiga orang termasuk satu anak meninggal dunia dalam serangan di rumah sakit bersalin dan anak-anak di Ukraina.

Serangan Udara ke Rumah Sakit Bersalin dan Anak-anak

Sebuah rumah sakit bersalin dan anak-anak kota Mariupol, jadi sasaran serangan udara Rusia, demikian klaim Ukraina dalam sebuah pernyataan (10/3).

Akibat serangan tersebut, banyak warga sipil yang terjebak di bawah reruntuhan. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyebut serangan itu sebagai kejahatan perang.

Presiden Volodymyr Zelensky juga membagikan sebuah rekamanan video, yang nampaknya diambil dari bagian dalam rumah sakit, yang kemudian terlihat rusak parah.

Terkait hal ini, seorang pejabat setempat mengatakan bahwa setidaknya 17 orang terluka, termasuk staf rumah sakit dan pasien yang dirawat.  

Saat itu, Pavlo Kyrylenko, kepala pemerintahan daerah Donetsk yang merupakan bagian kota pelabuhan Mariupol, menyatakan tidak ada korban jiwa yang jatuh akibat serangan tersebut.

Sementara itu menurut kantor berita Interfax , serangan tersebut terjadi di tengah gencatan senjata, yang sebelumnya sudah disepakati oleh kedua belah pihak.

Dewan kota Mariupol pun kemudian memutuskan untuk membagikan video rekaman, yang menunjukan kondisi kota itu saat ini.

Selain gedung-gedung yang hancur, kendaraaan roda empat yang terbakar menjadi pemandangan kota itu.

Dalam video tersebut, terlihat juga kawah besar yang merupakan after effect dari serangan udara yang dimaksud. Pihak BBC telah mengkonfirmasi kebenaran lokasi itu.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: