Siapa Bambang Susantono yang Dilantik Jokowi Jadi Kepala IKN? Begini Jejak Karirnya

Siapa Bambang Susantono yang Dilantik Jokowi Jadi Kepala IKN? Begini Jejak Karirnya

Calon Kepala Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono memiliki harta senilai Rp3,9 miliar lebih.--Fajar.co.id

JAKARTA, FIN.CO.ID - Banyak yang belum mengenal siapa Bambang Susantono sebelum dilantik Jokowi menjadi Kepala IKN Nusantara.

Jabatan terakhir Bambang Susantono adalah sebagai profesional adalah Wakil Presiden Bidang Manajemen Pengetahuan dan Pembangunan Berkelanjutan di Asian Development Bank (ADB) atau Bank Pembangunan Asia.

Bambang Susantono juga menjadi orang Indonesia pertama yang menduduki jabatan tinggi di lembaga pembiayaan multilateral tersebut.

(BACA JUGA:Kepala IKN Bambang Susantono Bukan Orang Baru Bagi Jokowi, Pernah Kerja Sama Sebelumnya )

Sebelum berkarir di ADB yang berbasis di Manila, Filipina, Bambang sudah dikenal sebagai pakar perencanaan infrastruktur dan transportasi.

Bukan hanya di Indonesia, namun juga di mancanegara. 

Bambang dikenal dengan konsep pembangunan “transportasi humanis”.

(BACA JUGA:Sah! Bambang Susantono Jadi Kepala Otorita IKN Nusantara, Didampingi Dhony Rahajoe)

Di pemerintahan, alumnus Fakultas Teknik Institut Teknologi Bandung (ITB) ini memulai karirnya sebagai pegawai di Departemen Pekerjaan Umum, yang kini bernama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kemudian, ia melanjutkan studinya di program pascasarjana University of California, Berkeley, untuk meraih gelar master tata kota dan wilayah, yang kemudian lulus pada tahun 1996.

Pada tahun 1998, Bambang juga meraih gelar Master of Science in Civil Engineering (MSCE) di bidang teknik transportasi di universitas yang sama.

 Pendidikan doktoral diselesaikan Bambang pada tahun 2000 dengan meraih gelar doktor di bidang perencanaan infrastruktur dari University of California, Berkeley.

Di tingkat internasional, selain di ADB, dia juga, antara lain, pernah menjabat sebagai Vice President East Asia Society of Transportation Studies (EASTS) dan Board of Trustees untuk The Southsouth North Foundation.

Pria kelahiran Yogyakarta, 58 tahun silam ini juga pernah menjadi Komisaris Utama BUMN Penerbangan, PT Garuda Indonesia Persero Tbk dan Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI).

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: