Terkini

Pilihan


Perludem Bilang Wacana Penundaan Pemilu 2024 Bisa Dicegah Lewat Cara Ini...

Perludem Bilang Wacana Penundaan Pemilu 2024 Bisa Dicegah Lewat Cara Ini...

Ilustrasi surat suara. -dok fin-fin.co.id

JAKARTA, FIN.CO.ID -  Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) menilai realisasi wacana penundaan Pemilu 2024 dapat dicegah melalui banyak cara.

Salah satunya dengan kebijakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan peraturan terkait dengan tahapan, program, dan jadwal Pemilu 2024.

“KPU diminta segera menuntaskan Peraturan KPU tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Pemilu 2024,” ujar Anggota Dewan Pembina Perludem Titi Anggraini dalam diskusi daring, Sabtu, 5 Maret 2022.

(BACA JUGA:Disperindag dan Dinas Pertanian Ungkap Penyebab Harga Daging Sapi di Tangerang Mahal...)

Di samping itu, Titi meminta pemerintah untuk segera mengalokasikan anggaran Pemilu 2024. Ia memandang pengalokasian anggaran sejak dini dapat menghindari dijadikannya keterbatasan dana sebagai dalih untuk menghambat penyelenggaraan Pemilu 2024.

“Bila (anggaran Pemilu 2024) dianggap terlalu besar, maka bisa dilakukan penyisiran dan penyusunan program prioritas sehingga tidak menjadi dalih untuk menghambat penyelenggaraan Pemilu 2024 akibat tidak tersedianya anggaran,” ujar dia.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengusulkan untuk menunda pelaksanaan Pemilu 2024 dengan alasan untuk mempertahankan momentum pemulihan ekonomi akibat pandemi COVID-19.

(BACA JUGA:Ada Bekas Cekikan dan Cakaran, Mayat Perempuan Ditemukan Mengapung di Saluran Irigasi)

Begitu pula dengan Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan menegaskan bahwa partainya setuju dengan usulan pelaksanaan Pemilu 2024 dimundurkan dengan mempertimbangkan lima poin.

"Dengan berbagai pertimbangan dan masukan dari masyarakat serta berbagai kalangan maka PAN memutuskan setuju pelaksanaan Pemilu 2024 diundur," kata Zulkifli.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizky Agustian

Tentang Penulis

Sumber: