Ucapkan Selamat Nyepi, Menag Yaqut: Makna Aku adalah Engkau Jadi Inspirasi Hidup...

Ucapkan Selamat Nyepi, Menag Yaqut: Makna Aku adalah Engkau Jadi Inspirasi Hidup...

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut-@YaqutCQoumas-Twitter

JAKARTA, FIN.CO.ID - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengucapkan selamat Hari Raya Nyepi kepada pemeluk agama Hindu. 

Hari Raya Nyepi tahun ini jatuh pada hari Kamis, 3 Maret 2022.

Pada Hari Raya Nyepi, umat Hindu melakukan Amati Geni (tidak menggunakan dan menghidupkan api), Amati Karya (tidak bekerja), Amati Lelungan (tidak bepergian), dan Amati Lelanguan (tidak mendengarkan hiburan).

(BACA JUGA:Mengapa Ada Ogoh-Ogoh dalam Setiap Perayaan Nyepi, Ini Penjelasannya)

“Saya mengucapkan selamat Hari Suci Nyepi dan Tahun Baru Caka 1944 kepada saudaraku seluruh umat Hindu di mana pun berada,” katanya, Kamis, 3 Maret 2022.

Dia menilai, umat Hindu memiliki banyak nilai positif yang bisa digali dan diamalkan dalam menjalani kehidupan. 

Nyepi tahun ini bisa menjadi momentum menggali makna sekaligus mengaktualisasikan nilai-nilai luhur, salah satunya adalah Tat Twam Asi.

(BACA JUGA:Hormati Perayaan Nyepi, Tol Bali Mandara Ditutup Sementara)

“Tat Twam Asi bermakna aku adalah engkau. Nilai ini menjadi sumber inspirasi bagi umat Hindu untuk hidup saling menghormati, rukun, dan bertoleransi. Perkuat moderisasi,” jelasnya.

Pada Hari Raya Nyepi ini, Menag Yaqut berharap umat Hindu mampu menerapkan tema ‘Aktualisasi Nilai Tat Twam Asi dalam Moderasi Beragama menuju Indonesia Tangguh’ di kehidupan sehari-hari.

“Mari berikan jeda sejenak kepada alam agar kembali menata keseimbangan. Kita muliakan alam, maka alam akan memuliakan harkat dan martabat kemanusiaan,” pungkasnya.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: