Menko Airlangga Apresiasi Komitmen Penguatan Kerjasama Eropa, Ditengah Ketegangan Geopolitik Rusia-Ukraina

Menko Airlangga Apresiasi Komitmen Penguatan Kerjasama Eropa, Ditengah Ketegangan Geopolitik Rusia-Ukraina

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengapresiasi komitmen penguatan kerjasama Eropa, ditengah situasi ketegangan geopolitik Rusia-Ukraina--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan apresiasinya terhadap negara Eropa, karena tetap berkomitmen untuk memperkuat kerja sama di tengah terjadinya konflik Rusia-Ukraina.

Pernyataan itu disampaikan Airlangga di hadapan negara-negara eropa saat pidato pembukaan 1st Indonesia-Europe Business Forum: Enhancing Partnership for Stronger Economic Recovery, Selasa 1 Maret 2022.

Menurut Airlangga, meski terjadi gesekan geopolitik di negara Eropa, mereka tetap menjalin hubungan yang baik dengan Indonesia.

(BACA JUGA:PPKM Diperpanjang, Menko Airlangga: Pemerintah Kebut Vaksinasi Dosis Dua dan Lansia di Luar Jawa-Bali )

Hal itu terbukti dengan digelarnya 1st Indonesia-Europe Business Forum: Enhancing Partnership for Stronger Economic Recovery. 

Menko Airlangga mewakili pemerintah Indonesia menyatakan apresiasi dan rasa terima kasih terhadap upaya forum bisnis Indonesia-Eropa ini.

“Kami mengapresiasi komitmen negara-negara Eropa yang terus memperkuat kerja sama pada situasi yang sulit seperti hari belakangan ini saat terjadi gesekan geopolitik di Ukraina,” ujar menko Airlangga. 

(BACA JUGA:Luncurkan G20 Studies Center, Menko Airlangga: Wariskan Ilmu Pengetahuan bagi Generasi Mendatang)

Airlangga yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) itu mengaku, negara-negara di Eropa menjadi partner penting bagi Indonesia. 

Ia berharap, Indonesia dan Eropa bisa meningkatkan hubungan ekonomi. Baik secara bilateral, regional, maupun multilateral.

Ketua Umum DPP Partai Golkar itu juga mengajak investor Eropa menanamkan investasinya di Indonesia, terutama pada sektor energI hijau. 

(BACA JUGA:15 SD Lakukan Vaksinasi Serentak, Airlangga Hartarto: Vaksinasi Harus Digenjot)

Saat ini, kata Airlangga, Indonesia sedang berupaya melakukan transisi energi dari penggunaan energi fosil menjadi energi baru terbarukan.

"Indonesia menawarkan banyak kesempatan bagi perusahaan-perusahaan Eropa dan saya mengundang partisipasi para pebisnis Eropa untuk berinvestasi di Indonesia,” tuturnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: