'Tukang Ngebut' Dijamin Insyaf! ETLE Bakal Diterapkan di Jalan Tol

'Tukang Ngebut' Dijamin Insyaf! ETLE Bakal Diterapkan di Jalan Tol

Alat Weight In Motion (WIM) yang diterapkan di jalan tol untuk mengukur beban kendaraan--Jasa Marga

Dalam kesempatan yang sama, Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan mengatakan bahwa, kolaborasi ini akan sangat membantu kinerja Kepolisian dalam menegakkan hukum terhadap pelanggaran yang kerap terjadi di jalan tol. 

(BACA JUGA:Konsorsium Jasa Marga Resmi Garap Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap 206,65 Km)

“Kami berkolaborasi dengan Jasa Marga di ulang tahun ke-44 ini untuk melakukan penegakan hukum berbasis IT. Melalui penegakan hukum berbasis IT, maka tidak ada interaksi antara petugas dan pengemudi pelanggar, sehingga hal ini diharapkan dapat menghindari konflik antara pengemudi dengan petugas Kepolisian,” jelas Aan. 

Sementara itu, Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan bahwa, Korlantas serta BPJT dan operator jalan tol seperti Jasa Marga memiliki tantangan besar yang secara bersama-sama akan diselesaikan oleh semua pihak terkait, yaitu penegakan hukum bagi kendaraan Over Speed dan Over Load.

“BPJT sangat mendukung kerjasama penerapan ETLE di jalan tol. Hal ini menjadi kunci untuk kita dalam menekan pelanggaran yang terjadi di jalan tol, seperti Over Speed dan Over Load," ujar Danang.

(BACA JUGA:Daftar 41 Titik Kamera ETLE Baru)

Meski kecelakaan maupun tingkat fatalitas yang terjadi mengalami penurunan, yang artinya kita sudah on the right track, namun kata Danang, diharapkan dengan adanya ETLE akan menjadikan jalan tol betul-betul modern dengan sistem yang terintegrasi secara elektronik dan transformasi digital. 

Dalam waktu dekat Korlantas Polri akan melaksanakan launching ETLE Nasional termasuk di dalamnya yang akan diterapkan pada ruas jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga Group. Jasa Marga sangat menyambut baik bentuk kolaborasi Korlantas dengan Jasa Marga, dan mendukung secara penuh terlaksananya penegakan hukum melalui ETLE di jalan tol.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: