Soal Kemacetan 'Horor' di Puncak, Kapolda Jabar Pastikan Penanganan Sesuai SOP

Soal Kemacetan 'Horor' di Puncak, Kapolda Jabar Pastikan Penanganan Sesuai SOP

Ilustrasi Macet-dok fin-dok fin

JAKARTA, FIN.CO.ID - Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Suntana mendatangi Pos Polisi Simpang Gadog, Kabupaten Bogor. Kedatangannya tersebut untuk mengetahui hasil analisa dan evaluasi pasca kemacetan parah hingga belasan jam yang terjadi di Jalur Puncak pada Minggu 27 Februari 2022 kemarin.

Dari hasil laporan dan pengecekan di lapangan, kemacetan yang terjadi kemarin karena banyak masyarakat yang berlibur di kawasan Puncak. 

Suntana juga memastikan bahwa anggota kepolisian sudah disebar di sepanjang kawasan tersebut sesuai dengan SOP yang berlaku.

(BACA JUGA:Kemacetan 'Horor' di Kawasan Puncak Adalah Imbas dari Lonjakan Volume Lalin)

"Kita tahu banyak (masyarakat) yang berlibur di wilayah Puncak. Lalu anggota sudah disebar di titik-titik kemacetan sesuai dengan SOP," kata Suntana kepada wartawan di lokasi, Senin 28 Februari 2022.

Kemudian, kondisi tersebut juga diperparah dengan adanya 10 kendaraan yang bermasalah atau mogok di tengah jalan sehingga, terjadi hambatan yang menimbulkan kemacetan panjang di Jalur Puncak.

"Alhamdulillah dengan rekayasa yang dilakukan anggota di lapangan bersama dengan yang lain, kepadatan bisa terkendali," kata Suntana.

(BACA JUGA:Imbas Harga Sapi Mahal, Pedagang Daging Pasar Cibinong Libur Jualan 3 Hari)

Untuk mengantisipasi kejadian serupa, dia mengimbau kepada masyarakat untuk memastikan kondisi kendaraan sebelum berkendara. Termasuk disiplin di jalan dengan tidak mengambil jalur kendaraan lain yang bisa menghambat lalu lintas.

"Jangan memaksakan berjalan menggunakan kendaraan yang tidak layak, kelaikan kendaraannya tidak diperhatikan. Kami juga tetap menerapkan disiplin prokes, disiplin lalu lintas berada di jalurnya. Tidak melakukan penyaliban ke jalur yang lain karena bisa menghambat jalur di sekitarnya," pungkasnya.

.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: