Jurus Pemerintah Atasi Pandemi, Mulai dari Akselerasi Vaksinasi, Persiapan Faskes dan Perpanjangan PPKM

Jurus Pemerintah Atasi Pandemi, Mulai dari Akselerasi Vaksinasi, Persiapan Faskes dan Perpanjangan PPKM

Menko Airlangga Hartarto dalam konferensi pers perpanjangan PPKM serta kesiapan pemerintah dalam menangani pandemi, mulai dari pelaksanaan vaksinasi hingga kesiapan Fasilitas Kesehatan (Faskes). -Humas Ekon-

PPKM Level 3 meningkat dari 108 menjadi 320 Kabupaten/Kota.

Penerapan perubahan Level PPKM ini akan mulai diberlakukan sejak 1 Maret 2022, dan berlaku s.d. 14 Maret 2022, namun akan terus dilakukan evaluasi secara komprehensif setiap minggu.

(BACA JUGA:Airlangga: Golkar Bertekad Kuningkan Pulau Sumatera di Pemilu 2024)

Perkembangan Capaian Vaksinasi

Secara Nasional, Vaksinasi Dosis-1 telah mencapai 91,55 persen (190,6 juta Dosis), Vaksinasi Dosis-2 telah mencapai 69,03 persen (143,7 juta Dosis), dan Vaksinasi Booster atau Dosis-3 telah mencapai 4,7 persen (9,8 juta Dosis).

Untuk Vaksinasi Dosis-1, masih ada 3 Provinsi di luar Jawa-Bali dengan capaian di bawah 70 persen yaitu Provinsi Maluku, Papua Barat, dan Papua. 

Sedangkan untuk Vaksinasi Dosis-2, masih terdapat 7 Provinsi dengan capaian di bawah 50 persen yakni Provinsi Sulawesi Tengah, Aceh, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

(BACA JUGA:Penonton MotoGP Mandalika Dibatasi Hanya 60 Ribu Orang)

Sementara untuk Vaksinasi Booster, capaian seluruh Provinsi luar Jawa-Bali masih di bawah 10%, sehingga Vaksinasi Dosis-3 ini harus terus dilakukan akselerasi di seluruh Provinsi. 

Sedangkan untuk Vaksinasi Lansia, masih terdapat 6 Provinsi yang capaian Dosis-1-nya di bawah 60 persen, dan ada 25 Provinsi yang capaian Dosis-2-nya juga di bawah 60 persen.

“Arahan Bapak Presiden, cakupan Vaksinasi Dosis-2 dan Lansia akan dipercepat dengan menetapkan kedua indikator tersebut sebagai Indikator Penetapan Level PPKM di luar Jawa-Bali. Akselerasi vaksinasi ini tetap akan dibantu oleh personel dari TNI/Polri, karena itu akan disiapkan biaya operasional vaksinasi untuk TNI/Polri mengikuti Semester 2 tahun lalu,” kata Menko Airlangga.

(BACA JUGA:Menko Airlangga Hartarto Puji Kinerja Penanggulangan Bencana Kepala BNPB dan Jajaran)

Pelaksanaan Event MotoGP Mandalika

Menko Airlangga menjelaskan, berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo, dalam penyelenggaraan MotoGP Seri-2 Tahun 2022 pada 18-20 Maret di Mandalika, akan diturunkan kuota jumlah penontonnya. 

Sebelumnya, jumlah penonton ditargetkan 100 ribu orang, namun saat ini diturunkan menjadi 60 ribu orang, disebabkan perkembangan situasi pandemi akhir-akhir ini.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: