Siap-Siap, Tarif Tol Bali Mandara Naik Per Tanggal 26 Februari 2022 Pukul 24.00 WITA

Siap-Siap, Tarif Tol Bali Mandara Naik Per Tanggal 26 Februari 2022 Pukul 24.00 WITA

Jalan Tol Bali Mandara yang tarifnya akan naik mulai 26 Februari 2022 pukul 24.00 WIB--Jasa Marga

JAKARTA, FIN.CO.ID - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengumumkan penyesuaian tarif jalan Tol Bali Mandara, yang akan dimulai pada tanggal 26 Februari, pukul 24.00 WITA.

Penyesuaian tarif Tol Bali Mandara itu berdasarkan Keputusan Menteri PUPR Nomor 75/KPTS/M/2022 tanggal 31 Januari 2022 tentang Penyesuaian Tarif Tol Pada Ruas Tol Bali Mandara.

Tarif pada jalan Tol Bali Mandara yang dikelola oleh PT Jasamarga Bali Tol (JBT), anak usaha Jasa Marga itu mengalami penyesuaian sebesar Rp 500 pada golongan I sampai dengan V. Sedangkan golongan VI atau kendaraan roda dua tidak mengalami penyesuaian tarif. 

(BACA JUGA:Tarif Tol Dalam Kota Naik Mulai 26 Februari 2022 Pukul 24.00 WIB, Cek Daftarnya Disini)

Penyesuaian tarif tol ini merupakan penyesuaian tarif regular yang telah diatur pada Pasal 48 ayat (3) Undang-Undang (UU) Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan dan Pasal 68 ayat (1) Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol.

Peraturan itu sendiri telah diubah terakhir dengan Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 2021 tentang Perubahan Keempat Atas PP Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol, evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap dua tahun berdasarkan tarif lama yang disesuaikan dengan pengaruh inflasi. 

Adapun penyesuaian tarif Jalan Tol Bali Mandara berdasarkan pada inflasi periode November 2019-November 2021 Provinsi Bali sebesar 2,62 persen. 

(BACA JUGA:Politisi Demokrat Gak Nyangka Pemerintah Mendadak Naikkan Harga BBM dan Tarif Tol: Dahsyat Mas Jokowi!)

Penyesuaian tarif secara reguler merupakan bagian dari wujud kepastian dari skema pengembalian investasi pembangunan jalan tol sesuai dengan Business Plan untuk membangun iklim investasi jalan tol yang kondusif, serta mendorong kemampuan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dalam meningkatkan level pelayanan bagi pengguna jalan.

“Penyesuaian tarif itu penting bagi bisnis jalan tol karena merupakan bentuk pengembalian investasi, selain itu, penyesuaian tarif juga menjadi penting untuk memastikan pengelola jalan tol telah memberikan pelayanan yang prima kepada pengguna jalan karena ada Standar Pelayanan Minimal jalan tol yang harus dipenuhi,” ujar Mahbullah Nurdin selaku Plh Anggota BPJT Kementerian PUPR, dalam keterangan tertulisnya, Kamis 24 Februari 2022. 

Sementara itu, Direktur Utama JBT, I Ketut Adiputra Karang mengatakan, secara konsisten pihaknya terus meningkatkan pelayanan di seluruh aspek Jalan Tol Bali Mandara. 

(BACA JUGA:Bukit Asam dan Jasa Marga Jajaki Potensi Kerja Sama Pengembangan PLTS )

"Tidak hanya upaya peningkatan kualitas meliputi pemeliharaan jalan, pengecatan dinding pembatas jalan tol, perbaikan rambu, perbaikan gerbang tol, namun juga berupa beautifikasi di sepanjang operasional Jalan Tol Bali Mandara berupa penanaman tanaman hias di simpang susun, tapper jalan tol, serta median jalan tol," ujar Adiputra. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugr

Tentang Penulis

Sumber: