Menghadapi Forum G20, Tenaga Conference Officer Dipersiapkan

Menghadapi Forum G20, Tenaga Conference Officer Dipersiapkan

--

TANGERANG, FIN.CO.ID -- Untuk mempersiapkan kompetensi dan kualitas SDM Conference Offiicer (CO) di Forum G20, PPSDM Aparatur Kementerian ESDM menggelar Bimbingan Teknis Mempersiapkan Tenaga Conference Officer selama 3 hari di Serpong.

Kegiatan yang dilaksanakan dari tanggal 24 -26 Februari dan bekerja sama dengan Pusdiklat Kemlu diikuti secara hybrid learning oleh 28 orang peserta dari berbagai satker utama KESDM. 

Conference Officer (CO) adalah orang-orang yang bertugas dan bertanggung jawab mempersiapkan dan mendukung jalannya pertemuan/sidang agar berjalan lancar, efektif dan tanpa kendala.

Peran seorang CO sangat strategis karena ia bertanggung jawab pada sesi sebelum, saat dan sesudah persidangan.  

Kegiatan full 3 hari ini menghadirkan beberapa narasumber yang mumpuni dari berbagai kementerian (lintas kementerian) dengan 8 materi yang sudah dirancang untuk mendukung suksesnya G20.

Kepala PPSDM Aparatur KESDM dalam sambutan pembukaannya menyatakan tujuan bimtek ini adalah untuk memberikan pembekalan kepada peserta terkait seluk beluk persidangan secara lengkap.

Untuk diketahui bahwa perhelatan G20 merupakan perhelatan Internasional negara-negara maju dan Indonesia menjadi Tuan Rumah dalam pelaksanaan pertemuan penting Internasional.

Diaman salah satu pembahasan penting dalam pertemuan tersebut adalah terkait Energy Transition Working Group yang diampu KESDM akan mengangkat tiga isu dalam forum transisi energi, yaitu energi akses, teknologi dan pembiayaan untuk transisi energi global.

“Indonesia melalui ETWG yang ditugaskan kepada KESDM akan mengangkat tiga isu dalam forum transisi energi, yaitu akses energi, teknologi dan financing untuk transisi energi global.

“Tujuan bimbingan teknis Conference Officer G20 ini adalah untuk memberikan pembekalan kepada para peserta dalam memahami teknik penyusunan Perjanjian Internasional, Diplomatic Communication Skill, teknik negosiasi, managemen substansi persidangan, tata bahasa persidangan, personal development, table manner dan Simulasi Sidang,” ujarnya. 

Dalam sambutannya Kepala BPSDM ESDM, Prahoro Yulianto Nurtjahjo, mengharapkan bimtek ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan dan menghasilkan output lulusan yang baik.

“Saya meminta kepada Kepala Pusdiklat Kemlu agar kegiatan bimtek seperti ini bisa diadakan secara rutin dan dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas,” ujarnya. (hrr/rls/fin)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: