Perang Rusia-Ukraina Pecah! Pemerintah Rencanakan Evakuasi WNI

Perang Rusia-Ukraina Pecah! Pemerintah Rencanakan Evakuasi WNI

Pertempuran Rusia dan Ukraina-REUTERS/ALEXANDER ERMOCHENKO-cnnindonesia.com

JAKARTA, FIN.CO.ID - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI berencana mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) di Ukraina ke ibu kota Kiev.

Keputusan itu menyusul dilancarkannya invasi Rusia ke wilayah-wilayah Ukraina pada hari ini, Kamis 24 Februari 2022.

"Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Ukraina telah melakukan langkah-langkah yang diperlukan guna menyelamatkan WNI di negara Eropa Timur tersebut," kata Juru Bicara Kemlu RI, Teuku Faizasyah di Jakarta, Kamis 24 Februari 2022.

(BACA JUGA:Tembakan Mortir Rusia ke Ukraina Tewaskan 8 Warga )

Pihak Kemenlu mengaku telah menghubungi ratusan WNI di Ukraina baik yang tinggal di Kiev dan Odessa, juga yang berada di Ukraina Timur.

"Dari WA [WhatsApp] dapat informasi bahwa mereka dalam kondisi aman, mereka tenang. Sesuai rencana kontigensi WNI kita diminta berkumpuk ke KBRI Kiev," kata Direktur Perlindungan WNI Kemlu RI, Judha Nugraha.  

"Kami bekerja sama dengan beberapa perwakilan seperti KBRI Warsawa dan lain-lain telah menyusun rencana perlindungan WNI di sana," imbuhnya.

"Kita sudah mampu menjalin komunikasi dgn mereka, minta mereka mendekat, berkumpul ke KBRI Kiev, bila tidak memungkinan ada titik2 yang ditetapkan sbg titik kumpul, ujarnya. 

"Jika mereka gak bisa ke Kiev, kita minta mereka stay dulu di Odessa lalu kita mencari jalur proses aman untuk evakuasi WNI," lanjutnya.

Judha menyatakan, rencana kontigensi telah ditetapkan berdasarkan koordinasi dengan KBRI Kiev. 

"Setelah semua WNI berkumpul di KBRI Kiev lalu akan ada proses lanjutan untuk evakuasi," pungkasnya.

(BACA JUGA:Serangan Rusia Hancurkan Pertahanan Udara Ukraina)

Perang ini membara setelah Presiden Vladimir Putin resmi mengumumkan operasi militer khusus di Donbas, wilayah di Ukraina yang dikuasai kelompok separatis pro-Moskow.

"Saya telah membuat keputusan untuk mengerahkan sebuah operasi militer (ke Ukraina timur)," kata Putin dalam pidato singkat yang dikutip AFP.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Derry Suta

Tentang Penulis

Sumber: