dr. Zaidul Akbar soal Matahari Pagi

dr. Zaidul Akbar soal Matahari Pagi

dr. Zaidul Akbar soal Matahari Pagi--

JAKARTA - Anda punya masalah dengan tubuh yang kurang bertenaga? Cobalah untuk lebih rutin berjemur mulai hari ini.

Pakar gaya hidup sehat ala Islam, dr. Zaidul Akbar mengajak orang untuk lebih rajin berjemur di bawah sinar matahari pagi.

Menurut penggagas Jurus Sehat Rasulullah (JSR) itu, berjemur memanfaatkan sinar matahari pagi, akan memberikan benefit tersendiri.

Hal ini ada kaitannya dengan salah satu organel di dalam tubuh manusia, dalam hal ini mitokondria.

"Namanya mitokondria. Fungsinya menghasilkan tenaga untuk tubuh," kata dr. Zaidul Akbar seperti dikutip FIN dari akun Instagram-nya.

Ketika mitokondria aktif akibat paparan sinar matahari, Anda dapat mengenalinya dengan sensasi pada tubuh.

"Dan akan terasa seperti sesuatu yang menjalar di kulit saat kita terkena matahari dan itulah momen mitokondrianya aktif," lanjut dr. Zaidul Akbar.

"Mitokondria adalah pabrik tenaga untuk tubuh yang menge-cas kembali tenaga untuk tubuh. Kita tidak akan bisa menjadi lebih sehat tanpa terpapar cahaya matahari," jelasnya.

Dr. Zaidul akbar melanjurkan bahwa matahari disebutkan sebanyak 33 kali di dalam Al-Quran, yang semuanya memiliki makna dari firman Alla.

33x kata matahari disebut dalam Alquran dan semua punya makna dari firman Allah dalam Alquran tersebut.
"Yuk aktifkan mitokondria," tutupnya.

Sementara itu menurut studi, mereka yang jarang terpapar sinar matahari pagi, berpotensi alami defisiensi vitamin D.

Ketika orang kekurangan vitamin yang salah satunya didapat dari paparan sinar matahari ini, maka risikonya menurut Women's Heatlh adalah sebagai berikut:

1. Risiko patah tulang

Bersama kalsium, vitamin D dapat membentuk tulang yang kuat. Namun ketika anda kekurangan vitamin yang satu ini, tubuh anda akan menyerap kalsium langsung dari tulang dan menyebarkannya ke dalam aliran darah, menyebabkan anda berisiko alami patah tulang.

2. Masalah mood

Kekurangan vitamin yang dapat ditemukan pada jenis makanan seperti salmon, tuna, mackarel dan belut ini dikaitkan dengan depresi atau berimbas pada hormon serotonin yang dapat mempengaruhi mood seseorang.

3. Mudah terserang flu

Gizi yang satu ini penting dalam menjaga kerja sistem kekebalan tubuh anda. Mereka yang kekurangan vitamin D kerap mengeluhkan masalah flu, batuk-batuk dan gangguan pernapasan.

4. Tubuh mudah berkeringat

Kepala anda berkeringat di pagi hari. Ini adalah salah satu ciri-ciri kekurangan vitamin D.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: