Tips Buat Anak Kost, Bisa Hemat Tapi Makanan Tetap Terjamin

Tips Buat Anak Kost, Bisa Hemat Tapi Makanan Tetap Terjamin

Memasak di Kost/Ilustrasi--Photo by Live on Shot from Pexels

JAKARTA, FIN.CO.ID - Tinggal di perantauan sebagai "Anak Kost" ternyata tidak mudah. Sebab, seringkali sebagai anak kost mengabaikan pola makan, sehingga rentan terkena penyakit, hanya gara-gara ingin hidup lebih hemat.

Tentu saja, soal hemat atau boros, tergantung pada diri masing-masing. Sebab sudut pandang tentang boros sendiri berbeda-beda bagi tiap orang.

Nah, sebagai orang yang baru akan tinggal indekost, ada baiknya melakukan berbagai persiapan agar ketika benar-benar tinggal di perantauan nanti, kita tetap bisa menjaga kualitas hidup, terutama pola makan.

Perencanaan bisa mulai dari hal sederhana seperti urusan santapan harian, hingga tantangan untuk berhemat di tengah banyaknya pengeluaran.

Berikut adalah tips menjaga pola makan sehat, bagi anda yang tinggal indekost:

1. Belajar masak menu sederhana

Memasak bisa menjadi salah satu solusi yang dilakukan untuk menghemat pengeluaran. Selain Anda bisa menekan budget membeli makanan siap saji, Anda bisa secara langsung memilih kualitas dan kebersihan bahan makanan yang Anda masak.

Tidak perlu menu yang sulit, Anda bisa mulai memasak menu sederhana dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Carilah resep masakan sederhana dan tidak memerlukan banyak peralatan dapur.

2. Buat rencana makan

Salah satu siasat untuk mengurangi pengeluaran yang tidak perlu adalah dengan membuat rencana makan atau meal plan selama rentang waktu tertentu. Meal plan akan membantumu dalam menentukan bahan makanan yang dibutuhkan sesuai dengan takarannya.

Selain itu, dengan menyusun meal plan yang sesuai dengan kebutuhan, Anda bisa menghindari pembelian bahan-bahan dapur yang berlebihan. Meal plan yang disusun secara lengkap pun akan memudahkanmu dalam mengetahui nutrisi apa saja yang akan dikonsumsi selama kurun waktu tertentu.

3. Cari diskonan

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugr

Tentang Penulis

Sumber: