Gawat! Presiden Ukraina Umumkan Perang dengan Rusia

Gawat!  Presiden Ukraina Umumkan Perang dengan Rusia

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy--lisehunting

JAKARTA, FIN.CO.ID - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky resmi umumkan perang hari ini, 16 Februari 2022.

Volodymyr Zelensky mendeklarasikan perang ketika Amerika Serikat mengklaim Rusia mungkin akan menyerbu Ukraina.

Presiden Ukraina menandatangani Dekrit yang menetapkan 16 Februari sebagai hari persatuan nasional.

Dalam dekrit yang ditandatangani pada hari Senin kemarin ia memerintahkan pemutaran lagu kebangsaan dan pengibaran bendera dan pita bendera di seluruh negeri.

(BACA JUGA:Sumber Intelijen Amerika Sebut Rusia Segera Menginvasi Ukraina, 200.000 Tentara Dikerahkan)

"Dikatakan bahwa 16 Februari akan menjadi hari penyerangan. Kami akan menjadikannya hari persatuan," kata Volodymyr Zelensky dalam sebuah pidato di Ukraina seperti diberitakan Rusia Today, dikutip Rabu 16 Februari 2022.

"Pada hari ini, kami akan mengibarkan bendera nasional kami, mengenakan pita biru-kuning, dan menunjukkan persatuan kami kepada seluruh dunia," sambungnya.

Pada saat pidato, Volodymyr Zelensky telah menandatangani dekrit presiden 53/2022 tentang langkah-langkah mendesak untuk mengkonsolidasikan masyarakat Ukraina dan memperkuat ketahanannya dalam menghadapi ancaman hibrida yang berkembang.

Dalam dekrit tersebut, ia menyatakan 16 Februari 2022 sebagai Hari Persatuan Ukraina, memerintahkan semua rumah dan bangunan untuk mengibarkan bendera Ukraina dan menyanyikan lagu kebangsaan pada pukul 10 pagi.

Volodymyr Zelensky mengimbau warga untuk memakai pita dengan warna bendera juga.

(BACA JUGA:Konflik Geopolitik Rusia-Ukraina Lambungkan Harga Emas Internasional ke Level Tertinggi Tiga Bulan)

Zelensky bersumpah bahwa Kiev akan mengembalikan Krimea dan Donbass ke Ukraina pada akhirnya, tetapi secara eksklusif melalui diplomasi dan negosiasi.

Krimea memilih untuk kembali ke Rusia pada 2014, menyusul kudeta yang didukung AS di Kiev yang menggulingkan pemerintah terpilih Ukraina.

Wilayah Donetsk dan Lugansk di timur negara itu juga mendeklarasikan kemerdekaan dan mengalahkan upaya Ukraina untuk merebut kembali mereka dengan paksa.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Derry Suta

Tentang Penulis

Sumber: