Cewek Wajib Tahu! Ciri Kanker Payudara, Dilihat dari Kondisi Puting hingga Kulit

Cewek Wajib Tahu! Ciri Kanker Payudara, Dilihat dari Kondisi Puting hingga Kulit

Ilustrasi Kanker Payudara-Photo by Olya Kobruseva from Pexels-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Kanker payudara, ternyata bisa dideteksi dari kondisi puting, bentuk hingga kulit payudara. 

Dokter spesialis bedah dari Siloam Hospitals Balikpapan dr Esther Felicita Tambayong SpB memberikan saran khusus kepada para perempuan untuk mengenali gejala kanker payudara.

Menurutnya, gejala kanker payudara dapat diketahui salah satunya melalui ciri-ciri kondisi permukaan kulit payudara.

(BACA JUGA:Siapa Bilang Omicron Tidak Bahaya, Kelompok Ini Harus Tetap Waspada )

“Gejala kanker payudara yang mengarah ke ganas dapat berupa benjolan yang bentuknya tidak beraturan dan kebanyakan benjolannya tidak terasa nyeri,” ujar Esther, dikutip dari Antara, Senin 14 Februari 2022. 

Menurut Esther, gejala tersebut diikuti dengan adanya perubahan warna kulit payudara. Jika kanker sudah parah, kondisi kulit akan menjadi seperti kulit jeruk yang disertai luka berbau pada bagian kulit payudara.

“Luka yang dialami terjadi tanpa sebab dan sulit untuk sembuh,” katanya.

(BACA JUGA:Semuanya Tenang! Vaksin Booster Tak Akan Habis, Pemerintah Bakal Tambah Lagi Stoknya Nih)

Esther juga menjelaskan bahwa beberapa gejala kanker payudara juga dapat diketahui melalui kondisi bagian puting yang tertarik ke dalam dan bentuk payudara menjadi tidak simetris antara satu dengan yang lain.

Langkah paling awal yang bisa dilakukan untuk mengetahui adanya gejala kanker payudara adalah dengan melakukan pengecekan diri.

Kondisi terbaik adalah saat satu minggu setelah menstruasi hari pertama karena saat itu payudara dalam kondisi paling lembek.

(BACA JUGA:Anda Sedang Isolasi Mandiri? Jangan Khawatir, Konsumsi 2 Obat Antivirus Ini: Molnupiravir dan Paxlovid)

"Dengan kondisi setelah hari pertama menstruasi, kita bisa memeriksa kondisi payudara apakah terdapat benjolan atau tidak. Kemudian kita dapat mengecek dengan cara mengangkat salah satu tangan dengan memegang kepala bagian belakang, lalu salah satu tangan lain meraba payudara dengan menggunakan tiga jari bagian ujung," jelas Esther.

Sumber: antara