Alasan Kenapa 14 Februari Disebut Sebagai Hari Kasih Sayang atau Valentine

Alasan Kenapa 14 Februari Disebut Sebagai Hari Kasih Sayang atau Valentine

Ilustrasi Valentine-Photo by alleksana from Pexels-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Tanggal 14 Februari setiap tahun diperingati sebagai hari kasih sayang atau Valentine day. 

Setiap pasangan biasanya merayakan hari itu dengan penuh suka cita dan saling memberikan bingkisan sebagai simbol kasih sayang mereka.

Lalu, mengapa tanggal 14 Februari bisa disebut hari Valentine?

(BACA JUGA:10 Kado yang Cocok untuk Pasangan di Hari Valentine)

Sejarah dibalik hari Valentine bermula dari kisah seorang pria di Roma. Kisah ini telah ada sejak beberapa abad yang lalu dan menjadi hal menarik untuk dikulik kembali ceritanya.

Sejarah hari Velentine

Hari Valentine bermula dari St. Valentine yang dipercaya sebagai imam dari Roma pada abad ketiga Masehi. Kisah ini paling populer dari asal-usul terkait dengan kisah hidup St. Valentine.

Pada saat itu, Kaisar Claudius II yang memerintah Roma melarang para prajurit melakukan pernikahan. Karena menurutnya, laki-laki yang sudah menikah adalah prajurit yang buruk. 

(BACA JUGA:Gubernur Bali Sebut Valentine Day Bukan Budaya Indonesia, Ustad Hilmi: Coba Kalau Itu Diucap Anies, Pasti Rame)

St. Valentine merasa hal tersebut tidaklah adil, sehingga memutuskan untuk melanggar aturan dan mengatur pernikahan secara rahasia.

Ketika Claudius mengetahuinya, Valentine dijebloskan ke penjara dan dijatuhi hukuman mati. Namun, selama di penjara ia jatuh cinta dengan putri salah satu sipir penjara. 

Meski demikian, cintanya tersebut tak kesampaian lantaran ia harus dieksekusi mati pada 14 Februari. Sebelum meninggal, ia sempat mengirimi surat cinta kepada gadis tersebut dengan dibubuhi tanda tangannya.

(BACA JUGA:Single saat Valentine? Berikut 5 Cara Melewatinya)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugr

Tentang Penulis

Sumber: