Menangislah Jangan Ditahan

Menangislah Jangan Ditahan

Menangisah Jangan Ditahan, Image oleh StockSnap dari Pixabay--

JAKARTA - Menangislah, jangan ditahan. Mengapa demikian?

Menangis adalah salah satu cara bagi tubuh untuk bereaksi, terhadap rasa sakit baik itu fisik maupun secara emosional.

Namun masalahnya, ada sebagian orang yang berpendapat bahwa hanya orang cengeng saja yang menangis.

Padahal di balik tetesan air mata itu, ada manfaat luar biasa yang ditawarkan dari menangis.

Menurut ahli, via Healthline, dengan menangis orang dapat mengurangi perasaan tertekan yang disebabkan sebuah peristiwa.

Ketika menangis tubuh akan memproduksi sebuah hormon bernama endorfin, hormon ini adalah zat kimia yang ciptakan untuk memberikan perasaan senang.

Dengan begitu, menangis dapat membantu orang memperbaiki mood-nya yang sedang rusak. Dengan menangis pula, orang sekaligus membersihkan sedikit toksin dari tubuhnya.

Tangisan Jenis Apa pun Punya Benefit yang Sama

Tahukah Anda, menangis gara-gara tontonan Anda di televisi, tidak sekedar membuat Anda meneteskan air mata secara Cuma-cuma.

Karena menurut sebuah penelitian, menangis karena tontonan televisi, ternyata punya manfaat tersendiri bagi manusia, khususnya jika dilihat dari sisi psikologi.

Menurut penjelasan Jennifer Barnes, asisten profesor dari fakultas psikologi di University of Ohlahoma, Amerika Serikat, kondisi ini disebut sebagai parasocial.

Artinya, dengan menangis maka secara tidak sadar, Anda menciptakan hubungan satu arah (jatuh cinta dengan tayang televisi), yang manfaatnya, dapat membantu anda dalam meningkatkan rasa percaya diri dan mengobati rasa kesepian.
 
Menurut Time Health, secara garis besar, riset tersebut mendorong agar orang untuk menikmati tayangan televisi yang dapat menggugah emosi kita.

"Hal yang menarik dari hal ini adalah otak kita tidak benar-benar diciptakan untuk membedakan apakah hubungan ini (antara Anda dengan acara yang Anda tonton) nyata atau tidak".

"Jadi parasocial ini dapat memberikan manfaat di dunia nyata," ungkap Jennifer.

Tidak hanya bisa meningkatkan rasa percaya, dan mengobati rasa sepi yang menyelimuti pikiran seseorang, parasocial juga bisa digunakan meningkatkan aluturisme, atau rasa peduli terhadap sesama.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: