Berita Duka: Mantan Mendiknas, Yahya Muhaimin Meninggal Dunia

Berita Duka: Mantan Mendiknas, Yahya Muhaimin Meninggal Dunia

Mantan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Yahya Muhaimin meninggal dunia. -muhammadiyah.or.id-

JAKARTA, FIN.CO.ID- Berita duka cita kembali datang di Tanah Air. Mantan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Yahya Muhaimin meninggal dunia. lmarhum tutup usia di Purwokerto, pada Rabu 9 Februari 2022 sekitar pukul 10.15 WIB.

Kabar ini ikut disampaikan oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir.

"Keluarga besar Muhammadiyah menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Prof Yahya Muhaimin. Beliau adalah guru dan tokoh kami yang rendah hati, bergaul dan ramah menyapa  kepada kader muda Muhammadiyah," kata Haedar Nashir, Rabu 9 Februari 2022.

Haedar mengatakan, almarhum adalah sosok intelektual teladan yang menunjukkan kata sejalan tindakan. 

"Meski kritis tetap rendah hati dan tidak tampak aura arogansi dengan keilmuannya yang mumpuni.," ujarnya. 

Almarhum rencananya akan akan dibawa ke rumah duka di Bumiayu, Jawa Tengah. Informasi pemakaman masih menunggu dari keluarga.

Almarhum merupakan tokoh intelektual Muhammadiyah. Dia pernah menjadi Ketua Majelis Dikti PP Muhammadiyah, Anggota PP Muhammadiyah periode 2000-2005, dan Atase Dikbud di Washington DC Amerika Serikat. 

Sehari-hari dosen dan Guru Besar serta pernah menjadi Dekan di Fisipol UGM. Semasa muda aktif dan menjadi tokoh di Ikatan Pelajar Muhamamdiyah.

Kepribadian beliau memang moderat dan santun tanpa dibuat-buat, menunjukkan sikap aseli pada umumnya kader dan tokoh Muhammadiyah yang menghayati Kepribadian Muhammadiyah.

“Selamat jalan Pak Yahya Muhaimin, jejakmu adalah suluh kecendekiawanan yang autentik bagi kami. Semoga almarhum husnul khatimah, diterima amal ibadahnya, diampuni kesalahannya, dan ditempatkan di jannatun na’im,” tutup Haedar.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Nama

Tentang Penulis

Sumber: