Beraninya Turunin Baliho, Gak Berani ke KKB Papua, Jenderal Dudung Bilang Begini...

Beraninya Turunin Baliho, Gak Berani ke KKB Papua, Jenderal Dudung Bilang Begini...

Dudung disambut para Habib --Foto: Dok. Pendam 5 Brawijaya

JAKARTA, FIN.CO.ID--Kepala Staf Angkatan Darat, (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman kerap disindir sebagai Jenderal Baliho. 

Sindiran itu terkait sikap dirinya yang tegas menurunkan baliho Habib Rizieq Shiihab. 

Sementara untuk operasi terhadap teroris KKB Papua, Dudung dianggap lembek. 

Menanggap itu, Dudung buka suara. Mantan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) ini mengatakan bahwa persoalan teroris KKB Papua bukan wewenangnya.

"Ada meme di medsos, 'Dudung ini nggak berani'. Kemarin berani nyabutin baliho berani, sekarang ke Papua nggak berani, (padahal) karena saya memang nggak ada kewenangan," ujar Dudung di Markas Besar AD, Jakarta Pusat, pada Senin, 7 Februari 2022 kemarin. 

Dudung mengatakan, dirinya selaku KSAD tidak punya wewenang untuk menentukan langkah baik taktis maupun strategis, serta konsep operasi yang akan dikembangkan di Papua.

"Itu semua ranah Mabes TNI atau Panglima TNI, kalau saya KSAD nggak bisa," tutur Dudung.

Dudung bilang, dia selaku KSAD hanya berperan sebagai pembina terhadap prajurit-prajuritnya. Sedangkan, urusan operasi ada pada Panglima TNI. 

"Saya hanya boleh nanya, 'Danyon bagaimana anak buahmu? Sehat? Bagaimana logistik nya? Bagus? Hanya nanya itu saja," terang  Dudung.

Dudung juga mengatakan, TNI sering disudutkan karena dianggap melanggar HAM di Papua.

"Kemudian masalah separatis di Papua dan pelanggaran HAM. Memang benar kita ini. Giliran kita nembak mereka, kita kena HAM. Giliran mereka nembak kita kayak kemarin, kita dibelah-belah sama mereka," ujarnya 

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Nama

Tentang Penulis

Sumber: