LMAN Danai Pembebasan Lahan Tol Binjai-Langsa Rp650 Miliar

LMAN Danai Pembebasan Lahan Tol Binjai-Langsa Rp650 Miliar

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian ruas tol Binjai-Langsa yang pembebasan lahannya dibiayai LMAN pada Jumat, 4 Februari 2022-Humas LMAN-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) mengucurkan dana pembebasan lahan untuk ruas tol Binjai-Langsa senilai Rp650 miliar pada 31 Januari 2022 lalu. 

Ruas tol Binjai-Langsa itu sendiri telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini, Jumat 4 Februari 2022. 

Adapun Ruas Tol Binjai-Langsa merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang membentang dari Aceh hingga Lampung.

(BACA JUGA:Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap Untuk Memperlancar Distribusi Logistik Barang dan Jasa di Selatan Pulau Jawa)

Presiden Jokowi mengharapkan penyelesaian JTTS akan mempercepat konektivitas antar wilayah di Sumatera yang juga diproyeksikan berdampak pada peningkatan pertumbuhan ekonomi wilayah dan masyarakat sekitar.  

Secara keseluruhan, LMAN telah mendanai pengadaan lahan pembangunan JTTS sejumlah Rp11,42 triliun hingga 31 Januari 2022. 

Pada kesempatan yang sama, dilaksanakan pula penandatanganan Letter of Commitment (LoC) penyaluran Penyertaan Modal Negara (PMN)/investasi pemerintah.

(BACA JUGA:Konsorsium BUMN-Swasta Tandatangani PPJT dan Perjanjian Penjaminan Proyek Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap) 

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama LMAN, Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) dan Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero), Tbk, dan disaksikan secara khusus oleh Menteri Keuangan dan Menteri PUPR. 

Ketiganya adalah Badan Layanan Umum (BLU) dan BUMN penerima PMN/investasi pemerintah sebagai bagian dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang disalurkan Kementerian Keuangan, guna mendorong percepatan pembangunan infrastruktur, termasuk JTTS. 

PMN/investasi pemerintah tersebut digunakan untuk pendanaan pengadaan lahan oleh LMAN dan pelaksanaan konstruksi oleh BUMN PT Hutama Karya (Persero) dan PT Waskita Karya (Persero), Tbk. 

(BACA JUGA:Konstruksi Rampung, Tol Serpong Cinere Ruas Pamulang-Cinere Segera Diuji Laik Fungsi )

"Di tahun 2022, LMAN mendapatkan mandat alokasi dana investasi pemerintah sebesar Rp28,84 triliun untuk pendanaan pengadaan lahan berbagai infrastruktur Proyek Strategis Nasional (PSN), dan dari alokasi tersebut, Rp24,088 triliun diamanatkan untuk pendanaan pengadaan lahan bagi sektor jalan tol, termasuk JTTS," ungkap Direktur Utama LMAN, Basuki Purwadi dalam keterangannya, Jumat 4 Februari 2022. 

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, penandatanganan LoC diharapkan dapat menjadi testimoni sekaligus komitmen untuk menjalankan tugas negara dan menggunakan uang negara seefisien mungkin.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugr

Tentang Penulis

Sumber: