Keutamaan Membaca Doa Saat Keluar Rumah, Salah Satunya Menjauhkan Dari Orang Jahat

Keutamaan Membaca Doa Saat Keluar Rumah, Salah Satunya Menjauhkan Dari Orang Jahat

Wanita muslim berdoa dan menengadahkan tangannya-Photo by RODNAE Productions from Pexels-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Mengawali setiap kegiatan dengan niat baik dan membaca doa merupakan salah satu ajaran agama Islam. Bukan hanya untuk keberkahan, namun doa juga dipercaya bisa menjauhkan kita dari hal-hal negatif. 

Salah satunya yakni membaca doa saat kita keluar rumah atau bepergian. Dengan membaca doa keluar rumah, maka Allah SWT akan menjaga dan menjamin hamba-hamba-Nya dari segala mara bahaya selama perjalanan.

Berdasarkan hadis dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu, Rasulullah SAW menjelaskan tentang keutamaan sebuah doa keluar rumah.

(BACA JUGA:Ini Keutamaan dan Doa Menyambut Bulan Rajab)

Doa keluar rumah ini tergolong singkat, namun maknanya sangatlah luas. Sabda Rasulullah SAW berbunyi:

"Apabila seseorang keluar dari rumahnya kemudian dia membaca 'Bismillaah, tawakkaltu 'alallaah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah', maka disampaikan kepadanya, 'Kamu diberi petunjuk, kamu dicukupi kebutuhannya, dan kamu dilindungi'."

Dalam arti, umat Muslim yang memanjatkan doa keluar rumah, akan dijauhi dari gangguan setan dan senantiasa diberikan petunjuk oleh Allah SWT.

(BACA JUGA:DMI Ungkap 65 Persen Umat Muslim Indonesia Tidak Bisa Baca Alquran)

Adapun bacaan doa keluar rumah singkat yang dimaksud Nabi Muhammad SAW adalah sebagai berikut:

Bismillaah tawakkaltu 'alallaah laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

Artinya: "Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah, tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah." (HR Abu Daud Nomor 5095, Turmudzi 3426, dan disahihkan Al Albani)

(BACA JUGA:Mengapa Mukmin Dianjurkan Baca Surah Al-Kahfi di Awal Hari Jumat? )

Berdasarkan riwayat dari Ummu Salamah radhiyallahu 'anha, Rasulullah SAW tiap kali keluar rumah selalu menengadahkan pandangannya ke langit.

Beliau kemudian membaca doa keluar rumah untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT, meskipun beliau adalah seorang nabi.

Sumber: