Asal Usul Nasi Goreng, Benarkah Asli Indonesia?

Asal Usul Nasi Goreng, Benarkah Asli Indonesia?

Asal Usul Nasi goreng, Image oleh Rierosa222 dari Pixabay--

JAKARTA - Sebagian orang Indonesia mengira bahwa nasi goreng, adalah makanan asli tanah air. Namun pada faktanya asal usul nasi goreng tidak seperti yang dikira orang. Lalu bagaimana asal usul nasi goreng?

Seperti dilansir The Daily China, sejarah mencatat bahwa, asal usul nasi goreng pertama kali muncul di China, pada tahun 589 masehi, tepatnya saat dinasti Sui berkuasa.

Nasi goreng merupakan makanan khas daerah bernama Yangzhou. Hidangan yang dimasak dengan cara minyak goreng ini, kemudian makin populer di akhir masa dinasti Ming, yang berkuasa antara 1368 hingga 1644.

(BACA JUGA:Minum Kopi Dulu atau Sikat Gigi Dulu? Ada Risikonya Lho)

Nasi goreng sendiri diperkenalkan, sebagai salah satu cara untuk memanfaatkan makanan sisa, agar tidak terbuang percuma.

Hingga kini, nasi goreng masih jadi makanan favorit dunia, khususnya orang Asia. Nasi goreng bahkan populer di lidah orang Amerika sekalipun. Itu jika bicara asal usul nasi goreng dari negeri China.


PERBEDAAN NASI GORENG CHINA DENGAN NASI GORENG INDONESIA

Di China, nasi goreng umumnya disajikan sebagai dengan jumlah kecil, atau sebagai menu pendamping.

Kendati demikian, nasi goreng China yang dimasak menggunakan nasi putih, sayuran, telur dan daging itu, tetap jadi jajanan kaki lima yang populer di Negeri Tirai Bambu itu.

Terlepas dari asal-usul nasi goreng di China, penulis buku kuliner The Flavour of Holland, Hillary Keatinge dan Anneke Peters,  meyakini bahwa nasi goreng merupakan hidangn orisinil asal Indonesia.

Sementara jika kita melihat lama Wikipedia, perbedaan nasi goreng yang ada di Indonesia, bisa dikenali dengan caranya disajikan.

Nasi goreng Indonesia umumnya disajikan dengan telor ceplok (meski ada juga yang dadar), kerupuk dan acar, menurut laman ensiklopedia multi bahasa itu. Hal inilah mungkin yang menjadi faktor pembeda.

Nasi goreng Indonesia sendiri disebut sebagai produk dari penyebaran budaya, yang dibawa para perantau negeri China di abad ke-10, yang kala itu merantau ke Tanah Air. Begitulah kira-kira asal usul nasi goreng dari negeri China hingga Indonesia.

ASAL USUL MAKANAN YANG JUGA BERASAL DARI CHINA

Menurut laman History, resep pangsit yang kali pertama tercatat dalam teks, diketahui muncul di Apicius, sebuah buku resep masakan dari Kekaisaran Romawi. Edisi pertama buku ini pertama kali dicetak pada 1498.

Dalam Apicius, pangsit menggunakan bahan burung pegar panggang, yang dicincang halus dan dicampur dengan lemak, garam dan bubuk merica.

Cara masak pangsit ini sendiri, adalah dengan  dibasahi kaldu, dan direbus dalam air yang sudah terlebih dahulu dibumbui. Hingga sekarang, menu ini masih populer di Eropa.

Namun di China, pangsit yang juga dikenal dengan nama jiaozi, sudak dikenal lebih dari 1.800 tahun lalu.

Menurut legenda, pangsit isi China pertama kali diperkenalkan oleh seorang bernama Zhang Zhongjin, saat dinasti Han masih berkuasa.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: