Provinsi Jawa Barat Jadi Provinsi Sunda Tertuang Dalam Maklumat Sunda 2022, Begini Isinya

 Provinsi Jawa Barat Jadi Provinsi Sunda Tertuang Dalam Maklumat Sunda 2022, Begini Isinya

Provinsi Jawa Barat diusulkan menjadi Provinsi Sunda.--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Ketua Gerakan Pilihan Sunda Andri Perkasa Kantaprawira menjelaskan, Maklumat Sunda merupakan pernyataan sikap dari orang-orang Sunda yang perlu direspon oleh negara. 

Adapun isi Maklumat Sunda 2022 antara lain:

Pertama, menuntut Kabuyutan Sunda yang terdiri dari tanah, air dan udara serta gunung, pantai, sungai dan lainnya dikelola dengan pendekatan kearifan lokal yang memadukan pengetahuan lokal dan modern.

(BACA JUGA:Masyarakat Sunda Usulkan Provinsi Jawa Barat Jadi Provinsi Sunda, Diamanatkan Kepada...)

"Masyarakat adat harus dilibatkan sehingga dapat dipastikan menjamin kehidupan yang sejahtera bagi generasi mendatang," kata Andri, Rabu, 2 Februari 2022.

Kedua, menuntut agar pelabuhan internasional Patimban menjadi pelabuhan agraria dan industri.

Dan meminta agar program serta proyek dan investasi strategis nasional di Tatar Sunda harus dipastikan diputuskan dengan kebijakan yang berwawasan lingkungan afirmatif dan protektif bagi rakyat Sunda.

(BACA JUGA:Janda Kaya 14 Kali Kawin Cerai, Ngaku Kuat Bercinta 28 Kali Sehari)

"Sehingga sawah dan lahan-lahan perkebunan tidak habis, tentu dengan mengedepankan tata ruang yang berpedoman pada kelestarian lingkungan," ucapnya. 

"Artinya Subang yang dikenal sebagai gudang pangan, harus tetap dipertahankan, demi ketahanan pangan nasional," imbuhnya.

Isi ketiga Maklumat Sunda adalah menuntut Presiden RI melalui DPD RI untuk mengubah nama Provinsi Jawa Barat menjadi Provinsi Sunda.

"Yang keempat, meminta pemerintah daerah di Tatar Sunda untuk membuat kebijakan dan peraturan daerah yang mendukung semua upaya untuk menjaga kearifan lokal dan pembangunan yang berpihak kepada alam dan rakyat Sunda," katanya.

Gerakan Pilihan Sunda dan Lembaga Adat Kratwan Galuh Pakuan juga menyampaikan keinginan masyarakat Sunda membangun sebuah konsep otonomi khusus Sunda Raya. 

Diberitakan sebelumnya, Ketua DPD RI LaNyalla Mattalitti mendukung keinginan masyarakat Sunda untuk mengubah nama Provinsi Jawa Barat menjadi Provinsi Sunda. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lut

Tentang Penulis

Sumber: