Cara Mencegah Aksi Bully di Lingkungan Sekolah

Cara Mencegah Aksi Bully di Lingkungan Sekolah

Bully, Image Credit: Pixabay--

 

CAMBRIDGE - Aksi bully sering kali terjadi di lingkungan sekolah. Dan hal ini kerap terlewatkan oleh para pengajar.

 

Kendati demikian, bukan berarti aksi bully di lingkungan sekolah bisa dibiarkan begitu saja. Karena menurut ahli, hal ini bisa diberantas, jika saja sekolah tau cara mengindentifikasi dan merespon terhadap aksi perundungan.

 

Hanya saja untuk mencegah bully di lingkungan sekolah, ada proses yang harus dijalani para pengajar, untuk lebih terlibat dalam masalah ini.


Berikut cara mencegah aksi bully di lingkungan sekolah, menurut associate professor dari Lesley University, Susan Patterson dalam laman resmi universitas di Cambridge itu.

 

1. Pengajar diminta untuk mampu mengajarkan arti dari kebaikan dan empati. Ketika para siswa mampu memahami arti dari sebuah masalah (kehidupan) dari berbagai sudut pandang, maka kemungkinan kecil bagi mereka untuk menjadi seorang perundung.

 

2. Ajarkan kepada para siswa untuk mengerti arti dari sebuah komunitas di dalam kelas, guna mencegah aksi bully di lingkungan sekolah.

 

3. Pengajar harus mampu mengenali prilaku bullying di lingkungan mereka mengajar. Ini yang kerap terlewatkan.

 

4. Pengajar harus mampu memberikan pengertian, tentang bahaya perundungan kepada para siswanya.

 

5. Pengajar juga harus mampu menghindari aksi bully dari guru ke siswa, sebagaimana juga banyak dilaporkan terjadi dalam lingkungan pendidikan.

 

6. Pengajar tidak hanya harus tau cara mengenalinya, namun juga bagaimana merespon terhadap aksi bully.

 

 

 

BULLY DAN EFEKNYA

 

Bully adalah salah satu bentuk kekerasan yang dilakukan orang atau kelompok atas pribadi lainnya.

 

Tidak hanya merusak secara fisik, aksi perundungan juga bertanggungjawab atas gangguan psikologi pada korbannya.

 

Namun yang jadi pertanyaannya, mengapa ada orang yang gemar merundung orang lain?

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: