BRI Liga 1: Banyak Pemain Positif COVID-19, Laga Persipura Vs Madura United Ditunda

BRI Liga 1: Banyak Pemain Positif COVID-19, Laga Persipura Vs Madura United Ditunda

Penyerang Madura United Alberto Goncalves.-ligaindonesiabaru.com-

JAKARTA, FIN.CO.ID - PT Liga Indonesia Baru (LIB) menunda laga pekan ke-22 Liga 1 Indonesia 2021-2022 Persipura melawan Madura United yang sejatinya digelar pada Selasa, 1 Februari 2022 pukul 16.15 WITA.

Penundaan dilakukan lantaran banyaknya pemain Madura United yang terpapar COVID-19 berdasarkan tes PCR. Sehingga, klub asal Madura tersebut tidak memiliki pemain yang cukup untuk melanjutkan pertandingan.

"Berdasarkan hasil tes usap PCR yang kami terima hari ini, beberapa pemain Madura United positif COVID-19. Itu membuat Madura United memiliki kurang dari 14 pemain. Setelah diadakan rapat darurat, maka laga tak dapat dilaksanakan, ditunda untuk kemudian dijadwal ulang," ujar Direktur Operasional LIB Sudjarno dalam konferensi pers yang diikuti di Jakarta, Selasa, 1 Februari 2022.

(BACA JUGA:BRI Liga 1, Persija Jakarta Alami Perubahan Jadwal)

Kebijakan penundaan, kata Sudjarno, sudah sesuai dengan Pasal 52 Regulasi Kompetisi Liga 1 Indonesia 2021-2022.

Ayat 7 pasal itu menyebut, "Dalam keadaan luar biasa, di mana setelah swab test rapid antigen pada hari pertandingan membuat klub yang akan bertanding hanya menyisakan kurang dari 14 pemain (termasuk salah satu di antaranya adalah penjaga gawang), maka LIB dan PSSI akan segera menggelar rapat darurat untuk memberikan keputusan dalam tempo cepat dan setiap keputusan bersifat final".

Setelah melaksanakan rapat darurat secara virtual, yang dipimpin Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, maka LIB mengeluarkan keputusan untuk menunda laga tersebut sampai waktu yang akan ditentukan kemudian.

(BACA JUGA:BRI Liga 1: PSIS Berambisi Putus Rekor Arema, Pelatih Arema: Persiapan Kami Normal)

Sebenarnya, Sudjarno melanjutkan, Madura United bisa saja mendatangkan pemain baru sesuai Ayat 5 Pasal 52 Regulasi Kompetisi Liga 1 Indonesia 2021-2022 yang berbunyi, "Jika ada pemain dan/atau ofisial yang tidak diizinkan untuk berpartisipasi dalam pertandingan karena kasus COVID-19 yang terkonfirmasi oleh Satgas COVID-19, klub diminta untuk mendatangkan bila ada pemain standby di kota domisili/lainnya yang telah terdaftar dari 35 pemain yang didaftarkan pemain/ofisial tersebut untuk memastikan bahwa pelaksanaan pertandingan tetap dapat dijalankan sesuai jadwal. (Prosedur pengesahan pemain tetap sama)".

Namun, tidak ada waktu untuk melakukan itu.

"Tak cukup waktu bagi Madura United untuk melakukannya sehingga tetap diputuskan untuk ditunda," tutur Sudjarno.

(BACA JUGA:Persija dan Arema Catatkan Rekor Baru di Liga 1)

Dengan demikian, laga Persipura versus Madura United menjadi pertandingan pertama Liga 1 Indonesia 2021-2022 yang ditunda lantaran COVID-19.

Sementara, untuk dua laga lain pada Selasa, yaitu Bhayangakara FC melawan Barito Putera di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, mulai pukul 18.15 WIB, dan Persela Lamongan kontra di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, mulai pukul 20.45 WIB, tetap berlangsung sesuai rencana.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizky Agus

Tentang Penulis

Sumber: