Awas! Ahli Beberkan Gejala Omicron pada Orang yang Sudah Divaksinasi, Masyarakat Diminta Waspada

Awas! Ahli Beberkan Gejala Omicron pada Orang yang Sudah Divaksinasi, Masyarakat Diminta Waspada

Vaksin Covid-19 Dosis Keempat Masih Belum Mampu Hentikan Penularan Varian Omicron-Kominfo Jatim-Kominfo Jatim

JAKARTA, FIN.CO.ID - Kasus Omicron kini di sejumlah negara tengah melonjak tanjam, dan masyarakat diminta agar terus waspada.

Pasalnya, Omicron ini bisa menular pada orang-orang yang belum divaksinasi atau pun sudah divaksinasi dengan lengkap. Meskipun mungkin mengalami gejala yang sangat berbeda.

Varian Omicron ternyata memiliki kemampuan untuk menyebar ke individu yang sudah divaksinasi dan tidak divaksinasi, cara manifestasinya tampaknya berbeda.

(BACA JUGA:Ramalan Asmara Shio Macan di Tahun Macan Air, Ada Pesona Khusus yang Buat Orang Terkagum-kagum!)

Mengenai hal itu, seorang Profesor di New York University Meyers College of Nursing, Maya N Clark-Cutaia angkat bicara.

Ia mengatakan orang yang sudah divaksinasi dan terinfeksi Omicron, cenderung lebih mengeluhkan sakit kepala, nyeri tubuh, dan demam.

"Seperti pilek yang sangat parah," ujar Maya, dikutip dari PMJ NEWS, pada Minggu 30 Januari 2022.

(BACA JUGA:Catat! 6 Keberuntungan Bagi Pemilik Shio Macan, Dua Tanggal Ini Jadi Penentunya)

Di sisi lain, sesak napas, batuk, dan gejala mirip flu lainnya, hanya benar-benar menyerang orang yang tidak divaksinasi dan terinfeksi varian ini.

Direktur Kesehatan Global dalam Pengobatan Darurat di New York-Presbyterian dan Columbia University Medical Center, Craig Spencer, mengatakan, orang yang telah dibooster juga mungkin mengalami sakit tenggorokan, sementara mereka yang diberi dua dosis mungkin mengalami kelelahan dan batuk.

"Tapi tidak ada yang sesak napas," kata Craig.

(BACA JUGA:Coba Nih! 4 Cara Ampuh Bangun Pagi Lebih Awal, Dijamin Gak Bakal Kesiangan deh)

Hilangnya indera penciuman dan perasa adalah gejala yang kurang umum pada Omicron. Mereka juga melemah karena gejalanya kian berkurang, misalnya sudah jarang yang mengeluhkan demam.

"Saya pikir apa yang kami alami adalah sama seperti orang-orang yang sudah divaksinasi, atau sudah dibooster. Kami tidak melihat banyak yang alami demam, jika ada itu adalah orang yang belum divaksinasi," jelas Kepala Penyakit Menular di Penn Presbyterian Medical Center, Judith O’Donnell.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Aulia Nur

Tentang Penulis

Sumber: pmj news