Pfizer Kembangkan Vaksin Khusus Varian Omicron

Pfizer Kembangkan Vaksin Khusus Varian Omicron

Vaksin Pfizer dosis rendah yang diberikan ke anak-anak tak ampuh lawan covid-19 varian Omicron--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Perusahaan pembuat vaksin covid-19 Pfizer-BioNTech tengah memulai uji klinis untuk menguji varian Omicron. 

Varian ini dikenal telah menghindari beberapa perlindungan yang diberikan oleh dua vaksin sebelumnya.

Perusahaan berencana untuk menguji respons imun yang dihasilkan oleh vaksin berbasis Omicron, baik sebagai tiga suntikan pada orang yang tidak divaksinasi dan sebagai suntikan booster untuk orang yang telah menerima dua dosis vaksin asli mereka.

(BACA JUGA:Omicron Tetap Mematikan Bagi yang Telah Dua Kali Vaksin, Ini Buktinya)

Mereka juga menguji dosis keempat vaksin saat ini terhadap dosis keempat vaksin berbasis Omicron pada orang yang menerima dosis ketiga vaksin Pfizer-BioNTech tiga hingga enam bulan sebelumnya.

Perusahaan berencana untuk mempelajari keamanan dan tolerabilitas tembakan di lebih dari 1.400 orang yang akan terdaftar dalam uji coba.

"Sementara penelitian saat ini dan data dunia nyata menunjukkan bahwa booster terus memberikan perlindungan tingkat tinggi terhadap penyakit parah dan rawat inap dengan Omicron, kami menyadari perlunya bersiap jika perlindungan ini berkurang seiring waktu dan berpotensi membantu mengatasi Omicron dan varian baru di masa depan," kata kepala penelitian dan pengembangan vaksin Pfizer, Kathrin Jansen, dalam pernyataan resminya, seperti dikutip dari Channel News Asia, Rabu 26 Januari 2022.

“Dua dosis dari vaksin asli mungkin tidak cukup untuk melindungi terhadap infeksi dari varian Omicron, dan bahwa perlindungan terhadap rawat inap dan kematian mungkin berkurang,” sambungnya.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mengatakan dosis ketiga vaksin mRNA seperti vaksin Pfizer-BioNTech telah memberikan perlindungan 90 persen terhadap rawat inap karena covid-19.

Beberapa negara sudah mulai menawarkan dosis booster tambahan, tetapi penelitian terbaru dari Israel menunjukkan bahwa di saat dosis keempat vaksin mRNA meningkatkan antibodi, levelnya tidak cukup tinggi untuk mencegah infeksi oleh varian Omicron.

Kepala Eksekutif BioNTech Ugur Sahin mengatakan, pada November bahwa regulator kemungkinan tidak akan memerlukan pengujian vaksin berbasis Omicron pada manusia.

"Vaksin tersebut dan Pfizer telah membuat versi vaksin yang mereka buat untuk menargetkan varian Alpha dan Delta sebelumnya, dengan uji klinis terus berlanjut,"ujarnya.

(BACA JUGA:Pemerintah Pertimbangkan Boyong Vaksin Covid-19 Produksi Pfizer)

Varian Omicron telah menggantikan varian Delta sebagai garis keturunan dominan di banyak bagian dunia dan Omicron sendiri sekarang terpecah menjadi subformulir yang berbeda, salah satunya, BA2, yang menimbulkan kekhawatiran khusus.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Derry Suta

Tentang Penulis

Sumber: