[Hoax] Minum Air Es Bikin Badan Melar

[Hoax] Minum Air Es Bikin Badan Melar

Ilustrasi-Pexels - Pixabay-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Seringkali kita dengan ucapan orang bahwa jika anda sering-sering minum air es atau air dingin, maka tubuh anda akan gemuk alias melar. 

Kegemukan itu disebut akibat adanya pembekuan lemak pada perut efek dari masuknya air dingin tersebut ke tubuh. 

Benarkah hal itu? 

Jawabannya adalah Hoax alias tidak benar, begini penjelasannya. 

(BACA JUGA:Jangan Mandi Air Dingin jika Punya Darah Tinggi, Ini Bahayanya)

Mengutip Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, air dingin yang diminum justru akan menjadi hangat hingga sesuai dengan suhu tubuh.

Hal inilah yang mematahkan anggapan bahwa air dingin akan membekukan lapisan lemak di tubuh. 

Karena itu, selama yang kita minum adalah air putih dan bukan minuman manis atau berkalori tinggi, tidak perlu khawatir berat badan bertambah karena air es. 

(BACA JUGA:Komnas KIPI Sebut Penyakit Serius yang Muncul Pasca Imunisasi Bukan karena Vaksinasi)

Pada dasarnya air putih dingin atau panas tetap nol kalori. Kandungan air putih: 0 gram karbohidrat, 0 gram lemak, 0 gram protein. Tergantung pada sumber, air putih juga bisa mengandung beberapa mineral dan vitamin.

Air dingin justru bisa membantu anda menurunkan berat badan. Air es tidak hanya merupakan minuman bebas kalori, tetapi tubuh kita sebenarnya akan membakar kalori untuk memanaskannya hingga mencapai suhu tubuh (37 derajat Celcius), meskipun jumlah kalori yang dibakar sangat kecil.

Air dingin meningkatkan laju metabolisme. Saat air dingin masuk ke dalam tubuh, karbohidrat dan lemak dibakar untuk menghasilkan energi, yang pada gilirannya menghasilkan panas dan menyeimbangkan suhu sistem inti tubuh.

(BACA JUGA:Catat Nih, 5 Gejala Varian Omicron yang Diklaim Baru Muncul Setelah 48 Jam, Segera Isolasi saat Anda Merasakan)

Tubuh kita membutuhkan sekitar delapan cangkir lebih air setiap hari tergantung pada ukuran tubuh, usia, jenis kelamin dan tingkat aktivitas.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugr

Tentang Penulis

Sumber: