Dua Pasien COVID-19 Omicron Meninggal Dunia, Ini Kata Kemenkes

Dua Pasien COVID-19 Omicron Meninggal Dunia, Ini Kata Kemenkes

Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi. (Istimewa)--

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan dua pasien COVID-19 terkonfirmasi Omicron telah meniggal dunia.

Dalam keterangan pers Kemenkes tersebut, Nadia menuturkan ini merupakan laporan fatalitas pertama di Indonesia akibat varian yang memiliki daya tular tinggi.

"Satu kasus merupakan transmisi lokal, meninggal di RS Sari Asih Ciputat dan satu lagi merupakan pelaku perjalanan luar negeri, meniggal di RSPI Sulianti Saroso," kata Juru Bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi, Sabtu, 22 Januari 2022.

(BACA JUGA:Kasus COVID-19 Hari Ini Tembus 3.205, Jakarta Lagi-lagi Sumbang Jumlah Terbanyak)

Dia mengatakan bahwa kedua pasien yang terkonfirmasi Omicron meninggal dikarenakan memiliki komorbid atau penyakit penyerta.

Pemerintah hingga saat ini terus melakukan berbagai upaya sebagai langkah untuk mengantisipasi penyebaran Omicron, mulai dari menggencarkan pengujian, pelacakan, dan perawatan terutama di Jawa dan Bali.

Tak hanya itu, pemerintah juga telah meningkatkan rasio pelacakan, menjamin ketersediaan ruang isolasi terpusat, menggencarkan akses telemedisine, dan meningkatkan rasio tempat tidur untuk penanganan Covid-19 di rumah sakit.

(BACA JUGA:COVID-19 Ngamuk! Kasus Baru COVID 2.604, Jakarta Paling Banyak)

Baru-baru ini Kemenkes juga telah mengeluarkan aturan baru untuk penanganan konfirmasi Omicron di Indonesia.

Ketentuan tersebut tercantum dalam Surat Edaran Menteri Kesehatan RI Nomor HK.02.01/MENKES/18/2022 tentang Pencegahan dan Pengendalian Kasus Covid-19 Varian Omicron yang ditetapkan pada 17 Januari 2022.

"Melalui surat edaran ini, penanganan pasien konfirmasi Omicron sesuai dengan penanganan COVID-19, di mana untuk kasus sedang sampai berat dilakukan perawatan di rumah sakit, sementara tanpa gejala hingga ringan, difokuskan untuk isolasi mandiri dan isolasi terpusat," pungkasnya.

(BACA JUGA:Astagfirullah! 87 Jamaah Umrah Indonesia Terpapar COVID-19, Sebanyak 10 Orang Diduga Omicron)

Pada Sabtu ini, kasus COVID-19 di Indonesia mengalami penambahan sebanyak 3.205 orang, yang disertai 627 pasien sembuh dan lima orang meninggal.

Kenaikan kasu baru itu merupakan implikasi dari peningkatan kasus konfirmasi Omicron di Indonesia.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: