Penting Buat Traveller! Cek Kondisi Kendaraan Anda Sebelum Hangout

Penting Buat Traveller! Cek Kondisi Kendaraan Anda Sebelum Hangout

Servis berkala pada kendaraan-carmudi.co.id-

Nah, khusus bagi anda yang rutin melakukan servis berkala kendaraan, biasanya filter bensin dalam kondisi bersih. Tapi, nggak ada salahnya tetap dicek. 

3. Oli Mesin

Pastikan oli mesin memiliki volume yang cukup. Cara mengecek volume oli mesin adalah, dengan memeriksa level pada stik oli. 

Level oli harus berada di garis antara tanda L dan F, serta seharusnya sedikit di bawah garis level F. Jika kurang, tambahkan secukupnya. 

Pastikan batas waktu (kilometer) pemakaian oli masih cukup untuk jarak yang akan ditempuh.

4. Putaran Kipas Pendingin atau AC

Bila kipas diputar oleh belt, maka periksalah kondisi fisik belt. Bila belt dalam kondisi retak-retak, segera diganti. 

Cek juga ketegangan tension belt, agar putaran kipas dapat optimal. Bila kipas diputar motor listrik, kondisi motor listrik masih baik dan layak. 

Untuk tahu apakah pendinginan mesin mobil oleh kipas mesin berjalan normal adalah, perhatikan jarum pointer penunjuk temperatur. 

Jika melebihi garis tengah berarti mesin cukup panas namun masih aman. Tapi kalau lebih dari setengah sebaiknya berhenti dan tunggu sampai mesin mobil dingin lalu periksa kondisi air pendingin dan kipas.

5. Baterai

Periksa baut kutub aki dan bersihkan kutub aki dari kotoran atau kerak yang menempel. Periksa pula level air aki. Jika kurang, tinggal tambahkan dengan air aki murni. 

Tapi ingat, hindari mengisi air aki dengan air zuur (H2S04) agar kualitas aki mobil tetap terjaga.

6. Timing Belt

Penggantian timing belt berpatokan pada indikator jarak tempuh kilometer pada speedometer. Jika timing belt telah digunakan sejauh 50.000 km, sebaiknya segera ganti dengan yang baru meskipun belum terdapat kerusakan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugr

Tentang Penulis

Sumber: