Kemhan Punya Logo Baru, Warnanya Lebih Ngejreng

Kemhan Punya Logo Baru, Warnanya Lebih Ngejreng

Logo Kemhan terbaru berbentuk bulat lingkar emas dengan warna dasar merah tua. -Kemhan RI-Twitter

JAKARTA, FIN.CO.ID - Kementerian Pertahanan (Kemhan) memperkenalkan logo baru.  

Juru Bicara Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan logo baru Kemhan secara resmi diumumkan oleh Prabowo saat Rapat Pimpinan (Rapim) Kemhan Tahun 2022 pada Kamis (20/1/2022) kemarin.

"Secara resmi telah diumumkan adanya perubahan logo baru Kemhan oleh Menteri Pertahanan RI, Letjen (Purn) Prabowo Subianto pada rapim tanggal 20 Januari 2022," ujar Dahnil dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (21/1/2022).

(BACA JUGA:Proyek Satelit Kemhan Diproses Hukum, Jokowi, Menhan dan Panglima TNI Sepakat Harus Dipidanakan )

Menurut Dahnil, logo lama Kemhan berunsur gambar peta Indonesia, latar belakang merah putih, Garuda Pancasila, serta jangkar. Logo lama itu digunakan dan ditetapkan sejak 2005 oleh Menteri Pertahanan saat itu. Yakni Juwono Sudarsono.

Pada logo Kemhan terbaru berbentuk bulat lingkar emas dengan warna dasar merah tua. Di dalamnya terdapat gambar Garuda Pancasila dilingkari rantai emas. "Ini melambangkan pertahanan negara yang kuat dan tangguh dalam menjaga kedaulatan bangsa," terang Dahnil.

Selain itu, lanjutnya, hal tersebut bermakna melindungi seluruh tumpah darah Indonesia yang dilandasi oleh persatuan dan kesatuan bangsa berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 untuk mempertahankan kejayaan NKRI.

(BACA JUGA:Kemhan Teken Kontrak Alutsista Rp 1,2 Triliun dan USD 1,4 Miliar)

Kemhan juga membagikan logo terbarunya melalui akun media sosial (medsos) resminya. Logo baru Kemhan tersebut juga dipamerkan oleh Wamenhan Herindra melalui di akun Instagramnya @herindra87. Herindra membagikan logo itu dalam Instagram Story. Herindra mengunggah dua cerita yang memuat foto logo Kemhan yang lama dan versi terbaru. 

Seperti diketahui, peresmian logo itu dilakukan seusai rapat pimpinan (rapim) 2022 pada Kamis (20/1/2022). Rapim tersebut diselenggarakan selama dua hari. Yakni pada 19 dan 20 Januari 2022 di kantor Kemhan, Jakarta. 

Rapim diselenggarakan secara tatap muka dengan peserta terbatas serta penerapan protokol kesehatan secara ketat. Ada juga yang melalui video conference. 

(BACA JUGA:Prabowo Janji Cegah Kebocoran Anggaran di Kemhan)

 

Saat menutup rapim, Prabowo secara resmi menetapkan logo Kemhan. Pada kesempatan itu, Prabowo juga menyerahkan Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan (Alpalhankam) secara simbolis dari Kemhan kepada Mabes TNI. Alpalhankam itu diterima Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman, KSAL Laksamana TNI Yudo Margono dan KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Huse

Tentang Penulis

Sumber: berbagai sumber