Perbasi Gelar Turnamen 3x3 Bagi Para Pebaket Muda

Perbasi Gelar Turnamen 3x3 Bagi Para Pebaket Muda

Turnamen bola basket 3x3 akan digencarkan demi mencari bibit pebasket muda-dok-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Perbasi akan menggelar turnamen 3x3 yang diperuntukan bagi pebasket muda. Ajang akan digelar di GOR Soemantri Brodjonegoro Kuningan, Jakarta Selatan, 19-23 Februari 2022.

Turnamen 3x3 ini merupakan kerjasama Perbasi, Supersport Sensation (SSS) International dan Bank Mandiri bertajuk Livin' Mandiri Indonesia 3x3 Tournament 2022.

"Awalnya akan melakukan city selection, sekaligus membuka empat kategori pertandingan, U-23 (klub) putra dan putri, serta High School (SMA) putra dan putri. Tahapan selanjutnya adalah city final, kemudian province final," kata Direktur SSS Azwan Karim dalam konferensi pers di Jakarta Selatan, Kamis, 20 januari 2022.

(BACA JUGA:3X3 Basketball Indonesia Tour Ajang Pencari Bibit Baru)

Dijelaskannya, turnamen ini akan digelar secara serempak di empat provinsi, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Turnamen ini diadakan untuk mendukung lahirnya bibit-bibit muda potensial. Kemudian diharapkan dapat mewujudkan ketersediaan atlet profesional. 

"Terlebih, ajang SEA Games 2022 yang segera berlangsung di Vietnam akan diramaikan dengan pertandingan dari cabang olahraga basket 3x3," ungkapnya.

(BACA JUGA:Seri ke V Basketball Indonesia League 2019)

Event-event 3x3 harus digalakkan karena sejak hajatan olahraga Asian Games 2018 di Indonesia, basket 3x3 diperkenalkan sebagai salah satu cabang olahraga baru. Meski belum berhasil meraih medali, Tim Nasional Basket 3x3 putri lolos hingga perempat final gelaran akbar se-Asia tersebut.

Hebatnya, Timnas basket putri Indonesia sukses merebut medali perunggu pada turnamen FIBA 3x3 U-18 Asia 2018 di Cyberjaya, Malaysia. Sementara Timnas basket 3x3 putra berhasil meraih medali perak setahun setelahnya di ajang SEA Games 2019 Filipina. 

Capaian ini tentu memberikan angin segar untuk perkembangan olahraga basket 3x3 yang semakin hari digandrungi masyarakat.

"Livin by Mandiri Indonesia 3x3 Tournament 2022 akan berikan kontribusi penuh, sekaligus menjadi wadah yang menjanjikan bagi kemajuan basket 3x3 di negeri ini. Sesuai tagline kami Youth Development," ucap Azwan.

Ketum PP Perbasi Danny Kosasih yang hadir pada konferensi pers menyambut gembira munculnya turnamen 3x3. Kerja sama dengan SSS ini adalah event resmi 3x3 kali pertama Perbasi. 

"Melalui 3x3 akan terlihat anak-anak muda yang cinta bola basket untuk 3x3. Saat ini kami sedang membutuhkan pemain yang konsentrasi di 3x3. Ke depan, Perbasi akan bentuk tim 3x3 junior sampai usia 23," katanya. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahy

Tentang Penulis

Sumber: