Sandiaga Uno Optimis, Pariwisata Indonesia Tahun Ini 'Nge-Gas' Lagi

Sandiaga Uno Optimis, Pariwisata Indonesia Tahun Ini 'Nge-Gas' Lagi

Menparekraf Sandiaga Uno dalam webinar Tourism & Hospitality Industry Outlook 2022 - "New Normal: Saatnya Bangkit Dari Tidur Pulas" pada Kamis, 20 Januari 2022. -Tangkapan layar Zoom-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno optimis pariwisata Indonesia tahun 2022 akan membaik. 

Diakui Sandiaga, selama masa pandemi Covid-19, kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) menurun drastis. Diharapkan tahun ini kunjungan wisman dapat kembali meningkat. 

Mantan Wagub DKI Jakarta itu menaruh harapan pada sektor parekraf di tahun 2022. Sebab ada banyak event internasional yang akan berlangsung di Indonesia sepanjang tahun ini. 

(BACA JUGA:Insentif PPnBM Berhasil 'Dongkrak' Angka Penjualan Mobil )

Sandiaga Uno pun menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara pada 2022 ini meningkat sebanyak 100 persen. Dia juga menjadikan kehadiran wisatawan mancanegara nantinya sebagai harapan optimisme.

"Tahun 2022 ini kita menargetkan jumlah kunjungan wisatawan meningkat sebanyak 100 persen. Dari yang tadinya hanya 1,6 juta - 1.7 juta,  sekarang kita menyasar 1,8 juta sampai 3,6 juta orang," kata Sandiaga dalam webinar Tourism & Hospitality Industry Outlook 2022 - "New Normal: Saatnya Bangkit Dari Tidur Pulas" pada Kamis, 20 Januari 2022. 

Tak hanya kunju8ngan wisman yang meningkat, Sandiaga juga sudah menetapkan target terhadap pergerakan pariwisata nasional sebanyak 260 hingga 280 juta wisatawan Nusantara.

(BACA JUGA:Kapolres Tangsel Bantah Tweet Netizen: Bukan Pemerkosaan tapi Perbuatan Cabul)

"Sementara kontribusi sektor pariwisata pada PDB nasional kita harapkan akan mencapai 4.3 persen," ungkap Sandiaga. 

Sebagaimana diketahui, kunjungan wisatawan mancanegara hingga akhir tahun 2021 hanya mencapai 1,6 juta orang. Angka ini tidak sampai 10 persen jika dibandingkan dengan total jumlah kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 17 juta orang pada 2019.

Selama dua tahun pemerintah beberapa kali memperketat pintu masuk internasional akibat pandemi Covid-19, wisatawan mancanegara yang melakukan perjalanan ke Indonesia pun berkurang drastis. 

(BACA JUGA:Pelaku Pencabulan 5 Tahun di Tangsel Diamankan Polisi, Tak Bisa Mengelak Bukti dari Polisi)

Bahkan, dari 17 juta wisatawan mancanegara yang melakukan kunjungan ke Indonesia pada 2019, hanya sekitar 1,6 juta juta wisatawan mancanegara yang melakukan kunjungan ke Indonesia selama Covid-19 berlangsung. 

Berharap Pada Wisatawan Domestik

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugr

Tentang Penulis

Sumber: