Ahaay... Pemilu 2024 Digelar 14 Februari atau di Hari Valentine?

Ahaay... Pemilu 2024 Digelar 14 Februari atau di Hari Valentine?

Ilustrasi surat suara. -dok fin-fin.co.id

JAKARTA, FIN.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengusulkan hari pemungutan suara Pemilu 2024 pada 14 Februari.

Diketahui tanggal 14 Februari merupakan hari Valentine yang biasa dirayakan para muda-mudi tiap tahunnya. 

Anggota KPU RI Pramono Ubaid Tanthowi dalam keterangannya mengatakan pihaknya telah menyampaikan alternatif tanggal pemungutan suara Pemilu 2024 pada 14 Februari. 

(BACA JUGA:Pemilu Diundur dan Perpanjangan Jabatan Presiden, Guspardi Sebut Menteri Bahlil Tak Paham Konstitusi)

Usulan tersebut telah disampaikan melalui surat permohonan rapat konsultasi dengan DPR RI pada Rabu (19/1).

"Usulan ini bukanlah baru sama sekali. Sebab dalam rapat-rapat konsinyering sebelumnya, KPU pernah mengusulkan 3 alternatif, yakni 14 Februari, 21 Februari, dan 6 Maret 2024," katanya dalam keterangannya, Kamis, 20 Januari 2022.

Dijelaskannya, pihaknya kembali berkirim surat ke DPR pada Rabu, 19 Januari 2022 malam.  Surat berisi berisi permohonan diadakan rapat konsultasi untuk membahas Rancangan Peraturan KPU tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Pemilu 2024.

 (BACA JUGA:Wacana Pemilu 2024 Ditunda, Dosen: Alasan yang Mengada-ada)

"Kami semalam mengirimkan surat tersebut secara online. Dan hari ini (Kamis) kami telah susulkan salinan fisiknya secara langsung ke Sekretariat DPR RI," katanya.

Diungkapkannya, pihaknya juga mendengar pernyataan beberapa pimpinan Komisi II DPR RI di media yang mengaggendakan rapat konsultasi dengan KPU pekan depan.

"Tentu KPU mengapresiasi hal tersebut karena dalam surat di atas, KPU memang berharap pembahasan tentang tahapan pemilu dapat dilaksanakan dalam masa sidang kali ini," kata dia.

Diungkapkannya, pihaknya berharap tahapan pemilu segera diputuskan. Agar penyelenggara Pemilu 2024 memiliki kepastian dalam melaksanakan langkah-langkah persiapan.

"Langkah persiapan itu meliputi perencanaan anggaran, penguatan infrastruktur teknologi informasi, penyiapan regulasi (peraturan-peraturan KPU), sosialisasi tahapan pendaftaran, dan verifikasi partai politik," ujarnya.

Sebelumnya, Pramono juga mengatakan KPU menilai pemungutan suara Pemilu Serentak 2024 pada 21 Februari sebagai pilihan yang tepat. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahy

Tentang Penulis

Sumber: