Ingat! 5 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Suntik Vaksin Booster, Jangan Sampai Dilanggar Loh

Ingat! 5 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Suntik Vaksin Booster, Jangan Sampai Dilanggar Loh

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Suntik Vaksin Booster--Pixabay/AVAKAphoto

Tidur cukup selama 7 hingga 8 jam disebut mampu meningkatkan kerja sistem imun. Menurut studi dari International Journal of Behavioral Medicine, pada orang-orang dengan jam tidur kurang dari 5 hingga 6 jam sehari, efektivitas vaksin menurun hingga 50 persen.

(BACA JUGA:Seks saat Hamil, Calon Papa dan Mama Harus Tau)

5. Berolahraga

Olahraga disebut menjadi salah satu cara efektif untuk meningkatkan kerja sistem imun. Jadi tak ada salahnya berolahraga beberapa waktu sebelum menerima suntik vaksin.

Diketahui, Pemerintah akan memberikan vaksinasi booster dengan mempertimbangkan ketersediaan vaksin yang ada di tahun ini. Pasalnya jenis vaksin booster akan berbeda dengan ketersediaan vaksin tahun lalu. Selain itu pemerintah juga mempertimbangkan hasil riset yang dilakukan oleh para peneliti dalam negeri maupun luar negeri.

Kombinasi vaksinasi booster yang akan diberikan mulai tanggal 12 Januari 2022 sesuai dengan pertimbangan para peneliti dalam dan luar negeri serta sudah dikonfirmasi oleh Badan POM dan ITAGI, antara lain ;

Untuk vaksin primer Sinovac atau vaksin dosis pertama dan kedua Sinovac akan diberikan vaksin booster setengah dosis Pfizer atau AstraZeneca.

Untuk vaksin primer AstraZeneca atau vaksin dosis pertama dan kedua AstraZeneca akan diberikan vaksin booster setengah dosis Moderna.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Aulia Nur

Tentang Penulis

Sumber: pmj news