IKN Nusantara Dipimpin Kepala Daerah yang Punya Background Arsitek, Siapa Kandidat Kuatnya?

IKN Nusantara Dipimpin Kepala Daerah yang Punya Background Arsitek, Siapa Kandidat Kuatnya?

JAKARTA - Presiden Joko Widodo menyebut Ibu Kota Negara (IKN) yang bernama Nusantara akan dipimpin kepala daerah berlatar belakang arsitek. 

Siapa kepala daerah yang berlatar belakang arsitek? Jokowi enggan membocorkan nama calon tersebut. 

"Yang jelas IKN nanti calonnya pernah menjadi pemimpin daerah. Selain itu, punya background arsitek," ujar Jokowi saat bertemu para pemimpin redaksi media di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (19/1/2022).

(BACA JUGA:Dana PEN Dipakai Buat IKN, DPR: Bu Menteri Jangan Langgar UU!)

Meski didesak, Jokowi tetap tak mau menyebut nama maupun inisialnya. Jokowi justru menceritakan soal pemilihan nama Nusantara untuk IKN. 

Dikatakan, nama tersebut tak serta merta dipilih karena pendapat pribadinya. Aspirasi sejumlah pihak juga menjadi pertimbangan. "Setidak-tidaknya, butuh waktu cukup lama antara 15-20 tahun untuk selesai sepenuhnya," imbuhnya.

Jokowi juga tidak khawatir jika soal kemungkinan pembangunan IKN distop oleh pemimpin berikutnya. Menurutnya, pembangunan IKN menjadi amanat undang-undang. 

(BACA JUGA:Nama Nusantara untuk IKN Dinilai Jawa-Sentris, Ini Tanggapan Pemerintah)

"IKN ini kan amamat UU. Sehingga tak seharusnya dihentikan. Ini juga sudah disepakati delapan fraksi di DPR. Artinya, suara mayoritas kekuatan politik di DPR menghendaki perpindahan ibu kota negara," pungkas Jokowi.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Huse

Tentang Penulis

Sumber: berbagai sumber