Legenda Real Madrid, Fransisco Gento Tutup Usia

Legenda Real Madrid, Fransisco Gento Tutup Usia

Fransisco Gento kala muda, Image Credit: @realmadrid/Instagram--

JAKARTA - Fransisco Gento tutup usia. Legenda Real Madrid itu berumur 88 saat dinyatakan meninggal dunia.

Pesepak bola yang dikenal dengan sapaan 'Paco'itu, 18 tahun membela El Real, antara 1953 hingga 1971.

Gento menurut BBC Sport (18/1), adalah satu-satunya pemain yang pernah memenangkan European Cup. Kini bernama Champions League (Liga Champions), enam kali dalam sejarah klub itu.

Bahkan seorang Cristiano Ronaldo sekalipun, belum mampu mengalahkan, atau bahkan sekedar menyamai rekor ini. Meski mungkin akan berebda jika ia tidak hengkang dari bernabeu.

Gento yang bermain di posisi sayap kiri itu, tampil 600 kali berseragam Real Madrid, dan mengoleksi 182 gol untuk klub ibu kota Spanyol itu.

Fransisco Gento juga terlibat atas 12 titel liga, dua Copa del Rey, dan satu Internationl Cup untuk Real.

Total trofi yang ia persembahkan selama berseragam Madrid adalah 23. Pencapaian itu belum lama disamai Marcelo, saat Madrid menang Piala Super Spanyol baru-baru ini.

Paco Gento sendiri mengawali debutnya bersama tim lain di Spanyol, Racing Santander, sebelum akhirnya pindah ke Real Madrid.

Di luar klub, ia pernah tampil 43 kali berseragam Timnas Spanyol. Ia juga dan pernah dua kali dipanggil ke ajang Piala Dunia, tahun 1962 dan 1966.

"Real Madrid ingin menyampaikan bela sungkawanya, dan kasih sayang hangat kepada sang Istri, Mari Luz, putranya Francisco dan Julio, dan seluruh kerabatnya," tulis Madrid dalam sebuah pernyataan.

"Ia akan selalu dikenang oleh Madridistas dan seluruh pecinta sepak bola sebagai salah satu pemain terbaik" bunyi penggalan pernyataan itu.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: