Sanksi Dicabut WADA, Akhirnya Merah Putih Bisa Berkibar Lagi di Dunia Olah Raga Intenasional

Sanksi Dicabut WADA, Akhirnya Merah Putih Bisa Berkibar Lagi di Dunia Olah Raga Intenasional

WADA mencabut sanksi bagi Indonesia pada Februari 2022. Ini berarti Bendera Merah Putih dapat kembali berkibar di dunia olah raga internasional -dok-net

JAKARTA, FIN.CO.ID - Bendera Merah Putih sudah bisa berkibar lagi di dunia olah raga internasional mulai Februari 2022.  Sebab sanksi dari WADA (Badan Anti-Doping Dunia) akan dicabut.

Kinerja Satgas Percepatan Sanksi WADA bentukan Kemenpora harus diacungi jempol. PP Perbasi pun memberi apresiasi setinggi-tingginya.

Pencabutan sanksi WADA pada Februari 2022 jelas melegakan bagi federasi bola basket Indonesia yang pada 12-24 Juli nanti akan menjadi tuan FIBA Asia Cup 2022. 

(BACA JUGA:Apabila Sanksi dari WADA Dicabut, Lembaga Anti Doping Indonesia Akan Lakukan 3 Hal)

"Kabar yang melegakan sekali. Alhamdulillah mengurangi kekhawatiran kami dalam menjalankan event-event kami di Perbasi. Terima kasih kepada Bapak Menpora dan tim yang sudah bekerja keras untuk pemulihan kembali sanksi WADA," terang Sekjen Perbasi Nirmala Dewi dalam keterangannya yang diterima, Selasa, 18 Januari 2022.

Diketahui, pada 8 Oktober 2021, Indonesia dihukum WADA. Dasar hukuman adalah Lembaga Anti-Doping yang dimiliki Indonesia, yaitu L(BACA JUGA:Kemenpora Harap Lahir Pemain Berbakat dari Liga Desa Nusantara 2018)ADI, dinilai tidak patuh menjalankan kewajiban yang telah ditetapkan WADA. 

Ketidakpatuhan yang dimaksud adalah ketidaksesuaian dalam melaksanakan pengujian yang efektif kepada tiap atlet di seluruh cabang olahraga.

Atas kesalahan ini, Bendera Merah Putih tidak boleh bekibar di event internasional. Salah satunya saat Indonesia juara di Thomas Cup 2021. 

Saat lagu Indonesia Raya diperdengarkan, logo PP PBSI yang dipasang. 

Hukuman WADA ini berlaku setahun. Nah, untuk mempercepat pencabutan hukuman Kemenpora membentuk Satgas Percepatan Sanksi WADA. 

Tim ini diketuai Raja Sapta Oktohari yang merupakan Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI). Tim langsung bekerja hingga ada sinyal bahwa bendera Merah Putih Bisa beekinar lagi pada bulan depan. 

"Kami berharap sanksi WADA bisa menjadi pelajaran berharga yang gak mungkin terulang lagi dengan kerja profesional dan komunikasi yang baik antara LADI dengan WADA. Prinsip sebagai cabang olahraga, kami siap apapun yang dibutuhkan oleh LADI sesuai dengan MoU yang pernah kami sepakat sebelumnya," ujar Nirmala.

Kepastian bahwa sanksi WADA bakal dicabut bulan depan keluar dari Menpora Zainudin Amali usai menerima kedatangan Satgas Percepatan Sanksi WADA Senin (17/1/2022). Menpora Amali juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kinerja Ketua Tim Satgas Percepatan Sanksi WADA Raja Sapta Oktohari dan Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) sehingga WADA sudah mengizinkan bendera Merah Putih kembali berkibar di ajang olahraga internasional pada Februari 2022 mendatang. 

Artinya, hukuman yang seharusnya dijatuhkan setahun cukup dijalani empat bulan saja. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahy

Tentang Penulis

Sumber: