Penikmat Wajib Tahu, Beda Kopi Arabika dan Robusta

Penikmat Wajib Tahu, Beda Kopi Arabika dan Robusta

Ilustrasi Kopi-Photo by Burst-Pexels

(BACA JUGA:5 Kuliner Wajib Saat Berkunjung Ke Cirebon, Nomor 2 Gak Ada di Tempat Lain)

Daerah subtropis adalah daerah yang ideal untuk kopi Arabika, karena umumnya daerah tersebut punya tanah gembur (atau tanah vulkanik), curah hujan merata, serta sinar matahari cukup, yang membuat Arabika dapat tumbuh dengan baik. 

Namun, Arabika adalah jenis kopi yang tidak mudah untuk dirawat. Tanaman kopinya cukup rentan terhadap hama dan penyakit.

Dari sisi rasa, seperti disebut di atas bahwa kopi Arabika cenderung memiliki rasa manis, namun umumnya ringan saat diminum. 

(BACA JUGA:Yuk Piknik, Wisata Ke 5 Destinasi Ini Ada Paket Bundling Dari Garuda)

(BACA JUGA:Lava Tour Merapi, Destinasi Wajib Bagi Penyuka Adrenalin di Yogyakarta)

Secangkir kopi Arabika bisa digambarkan aromatik dan kaya akan rasa. Ini sebabnya, jika Anda membeli kopi Arabika di kedai kopi, anda dapat melihat tasting notes pada kemasannya, misalnya: floral, fruity, orange, buttery, chocolate, caramel, dan lainnya.

2. Kopi Robusta

Berbeda dengan Arabika, kopi Robusta berasal dari Afrika Barat dan tumbuh pada dataran yang lebih rendah dan suhu lebih tinggi. 

Produksi kopi Robusta menyumbang sekitar 30 persen dari total produksi kopi di dunia, dimana Vietnam adalah negara pengekspor terbesarnya. 

Tanaman kopi Robusta jauh lebih mudah untuk ditanam dan dirawat, bahkan dapat memberikan hasil panen yang lebih banyak dibandingkan Arabika. 

(BACA JUGA:Kerennya Mandalika, Surga Wisata Bagi Pecinta Pantai dan Penikmat Balapan)

(BACA JUGA:Tempat-tempat Wisata di Kuningan yang Menyimpan Misteri, Yuk Simak!)

Rahasia ketahanan tanaman kopi Robusta juga terletak pada kandungan kafein dan asam klorogeniknya yang tinggi, yang berfungsi sebagai pestisida alami untuk melindungi diri dari serangan hama dan penyakit. 

Hal ini juga menjadi alasan utama mengapa dari sisi harga, Robusta jauh lebih murah dibandingkan Arabika. Robusta lebih mudah ditanam ketimbang Arabika. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugr

Tentang Penulis

Sumber: